2 Lokasi Tak Bertuan? Program RTH Kantor Camat Kendit, Situbondo Disinyalir Jadi Bancakan

SITUBONDO, Limadetik.com – Program Ruang Terbuka Hijau (RTH) sesuai dengan fungsinya diharapkan bisa menyerap polusi udara CO2 (Karbondioksida) yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Dikarenakan RTH lebih bersifat seperti jantung kota yang bisa menghasilkan O2 (Oksigen).

Seperti yang diamanatkan oleh UU No. 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang menyebutkan bahwa 30% dari wilayah kota adalah hutan kota.

Program Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Halaman Kantor Kecamatan Kendit, Situbondo (Foto: Aka)

Seperti halnya RTH Publik yakni taman kota, hutan kota, sabuk hijau (green belt), RTH di sekitar sungai, pemakaman, dan rel kereta api. Sedangkan RTH Privat adalah RTH milik institusi tertentu atau orang perseorangan yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan.

Lain halnya yang terjadi halaman Kantor Camat Kendit, Kabupaten Situbondo, Jatim. Program RTH tersebut yang melalui Program Kebersihan Keindahan dan Ketertiban yang dianggarkan APBD II atau Tingkat Kabupaten Anggaran 2017 berkisar kurang lebih Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Menurut informasi yang dihimpun APBD II Kabupaten Situbondo yang dianggarkan dalam 1 paket terbagi 3 lokasi. Seharusnya Desa Bugeman, Desa Klatakan Dan Kecamatan Kendit.

Akan tetapi yang terjadi dilapangan berbeda dengan realita yang ada. Hanya 1 lokasi yang dikerjakan yakni di halaman Kantor Kecamatan Kendit. 2 lainnya tak bertuan? Disinyalir dalam pekerjaan tersebut dijadikan bancakan. Dan dalam pengerjaan program tersebut dilakukan oleh CV. RB Situbondo.

Saat kami telusuri lebih jauh informasi dari sumber Limadetik.com, tidak mau disebut nama mengatakan, “Data tersebut bisa dilihat dari DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), harapannya kepada rekan-rekan wartawan sendiri yang langsung menelusuri. Karena pernah dengar isu bahwa anggaran hanya dipakai kurang lebih Rp.50 juta selebihnya entah kemana”. Sabtu, (13/01/2018).

Saat kami konfirmasi Kepala Desa Bugeman, Udit Yuliasto mengatakan, “Saya tidak tahu masalah itu dan sedikitpun saya tidak pernah menerima bantuan tersebut. Apalagi saya baru dengar kalau ada Program Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Wilayah Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo khususnya”. uang bantuan itu.

Sementara saat Limadetik.com berusaha konfirmasi dengan Camat Kendit belum berhasil, bahkan saat dilakukan via telpon tidak diangkat berulang kali. Kemudian saat didatangi ke kantornya, Camat Kendit sedang diluar dinas. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here