3 Laporan Tidak Diterima, Aktivis Gp Sakera Turun Jalan Di Depan Mapolres Situbondo

Saat Tim Gp Sakera Situbondo lakukan aksi turun jalan

SITUBONDO, Limadetik.com – Aksi turun jalan Aktivis Gp Sakera (Gerakan Perlawanan Anti Korupsi, Edukasi, Resistensi dan Advokasi) Kabupaten Situbondo di depan Mapolres Situbondo bersama puluhan massa, Kamis (01/02/2018) sekitar 15.00 Wib sampai selesai.

Baca juga: SPKT Polres Situbondo Tidak Menerima Laporan Dari Aktivis Gp Sakera

Sebelumnya Aktivis Gp Sakera Situbondo bersama Lsm Wirabhumi melaporkan 3 (tiga) dugaan kasus ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Situbondo. Minggu, (28/01/2018) yang kemudian laporan tidak diterima. Hal tersebut membuat aksi turun jalan dilakukan oleh Gp Sakera Situbondo beserta Tim Suara Satu (S1).

Ketum Gp Sakera Situbondo, Syaiful Bahri mengatakan, “Karena proses 3 Laporan yang sangat lama tersebut sekitar 4 jam. Akhirnya Ketum Gp Sakera menunda 2 Laporan Melek dengan harapan LP tentang UU Minerba di aktifitas tambak Desa Gelung bisa di terima lebih cepat”.

Bang Ipul panggilan akrabnya saat orasinya di Depan Mapolres Situbondo, “Namun ternyata ada hal yang sangat mengecewakan 2 (hari) setelah pelaporan kami ditolak justru ada Laporan Polisi yang diterima dan yang dilaporkan salah satu media online yang memberitakan hal tersebut”.

Bang Ipul menambahkan, “Agar tahu masyarakat Situbondo dan juga pihak Polres Situbondo bahwa sebagai Aktivis Gp Sakera ada serta hadir siap melawan ketidakadilan”.

Usai orasi sekitar satu jam pihak Polres mempersilahkan untuk klarifikasi serta koordinasi di Gedung Lantai II Ruang Vidcon Polres Situbondo terkait pelaporan yang tidak diterima beberapa hari lalu.

Tim Aktivis Gp Sakera Situbondo yang diwakili oleh 3 (orang) yakni Ketum Gp Sakera dan Anggotanya serta juga hadir salah satu dari pihak Biro Media Online Situbondo. Ditemui oleh Wakapolres Kompol Iswahab, Kasatreskrim AKP. Masykur, SH, Kasat Binmas AKP. Agus Suparyono.

Sementara itu, Kasat Binmas yang membuka pertemuan tersebut yang sekaligus sebagai moderator.

Wakapolres Situbondo, Kompol Iswahab menuturkan, “Terkait hal tersebut yang kami inginkan adalah cara kekeluargaan karena dengan demo berapapun massa tidak akan menyelesaikan masalah”.

Kasat Reskrim, AKP Masykur, SH menyampaikan, “Terkait hal tersebut laporan yang disampaikan Gp Sakera Situbondo itu sesuai dengan mekanisme SOP penerimaan LP atas peraturan Perkabareskrim”.

AKP Masykur, SH menambahkan, “Saya juga tegaskan bahwa saya sama sekali tidak pernah menerima setoran yang diduga aktifitas tambang dan tidak diterimanya laporan tersebut bukan dikarenakan ada unsur sentimentil”.

Saat ingin mengakhiri pertemuan tersebut Bang Ipul masih merasa kecewa dan mengatakan bahwa, “Hal ini akan kita tindak lanjuti dan mencoba laporkan ke Polda Jatim serta Mabes Polri”.

Sementara itu, Kasat Binmas mengatakan, “Dengan mengakhiri pertemuan hari ini yang sekaligus saya menjadi moderator dadakan”, ujarnya

“Jadi kami menyimpulkan bahwa hal yang disampaikan oleh Kasatreskrim menegaskan bahwa beliau tidak pernah menerima setoran dari dugaan aktifitas tambang tersebut”, pungkas Kasat Binmas.

(Ozi/Aka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here