Anggaran Mesin Rp 3 M, DPMD Janji Listrik di Gili Raja Sumenep Nyala Tahun Ini

ilustrasi

SUMENEP, Limadetik.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Ach Masuni berjanji tahun ini listrik di Pulau Gili Raja mulai nyala.

Pasalnya, pemerintah akan segera merealisasikan pembelian mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting. Pembelian mesin itu dianggarkan sebesar Rp 3 M.

“Rencananya April tahun ini sudah mulai lelang pengadaan mesin PLTD itu. Nilainya sebesar Rp 3 M. Jadi, tahun ini dipastikan listrik di Gili Raja sudah bisa hidup,” katanya, Rabu (7/2/2018).

Masuni mengungkapkan, pembangunan jaringan dan fasilitas lain sudah dilakukan sejak tahun 2014. Pada tahun 2014 telah dianggarkan sebesar Rp 3,6 m. Dana tersebut dialokasikan untuk pembuatan tiang sebesar Rp 2,8 miliar dan Rp 800 juta untuk pengadaan lokasi tanah.

Sedangkan pada 2017 lalu, juga dianggarkan sebesar Rp 10 miliar untuk pembuatan jaringan tegangan menengah, jaringan tegangan rendah, pembelian travo, aksesoris dan perlengkapan lainnya.

“Dengan itu, kami optimis tahun ini masyarakat Pulau Gili Raja mulai bisa menikmati listrik. Maka diharapkan, nyalanya PLTD nanti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here