Bedah Buku Sambut Harsiarnas ke-85, KPI Tekankan Etika Jurnalisme

JAKARTA, Limadetik.com – Komisi Penyiaran Indnesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah dan Nemu Buku menggelar acara bedah buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstial yang berjudul “Sembilan Elemen Jurnalisme”. Bedah buku yang bertempat di Perpustakaan Nemu Buku ini merupakan rangkaian menyambut Harsiarnas ke-85, di Palu Sulawesi Tengah.

Diangkatnya tema jurnlisme dalan bedah buku tersebut dianggap penting mengingat pemberitaan yang diterima publik cenderung mengindahkan etika jurnalisme. Para peserta dan narasumeber yang hadir di acara bedah buku tersebut sepakat bahwa jurnalisme yang sehat harus berlandaskan kebenaran dan terbungkus melalui hati nurani.

“Tanpa dua hal tersebut, tidak heran jika berita kerap menimbulkan ketegangan di masyarakat. Bedah buku ini diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa etika jurnalisme harus dikedepankan.” ujar Masbait, Komisioner KPID Sulawesi Tengah, Selasa (20/3).

Di waktu yang berbeda, Ubaidillah Komisioner KPI Pusat mengatakan bahwa momentum Harsiarnas harus dijadikan refleksi perjalanan jurnalisme di Indonesia.

“Ini momentum untuk memperbaiki dunia penyiaran kita. Jangan sampai etika jurnalisme dikesampingkan hanya karena mengejar kecepatan informasi. Harus akurat!” tandasnya saat ditemui di Kantor KPI Pusat, Rabu (21/3).

Acara bedah buku ini dihadiri oleh perwakilan dari KPID Sulteng, Wartawan, Mahasiswa. Sedangkan beelangsungnya bedah buku dipandu langsung oleh Neni Muhidin, Pimpinan Perpustakaan Nemu Buku. (a.ryd/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here