Bentrokan di Sana’a Membuat Komandan Loyalis Saleh Tewas

Rabu,(6/12/2017)

Limadetik.com, Yaman – Bentrokan di sana’a yaman telah menewaskan seorang komandan tertinggi Spasukan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh telah meninggal dunia karena luka-luka yang dideritanya dalam bentrokan minggu ini dengan pejuang gerakan Houthi Ansarallah di ibukota Sana’a,berdasarkan sumber yaman mengindikasikan kematian komandan pasukan tersebut akibat bentrok yang sempat terjadi sebelumnya.

Partai Kongres Rakyat Yaman mengumumkan pada hari Selasa bahwa Tarek Saleh meninggal karena luka-luka yang diderita selama bentrokan.

Sebuah pernyataan dari partai tersebut mengatakan bahwa komandan tersebut telah menderita luka di hati dan meninggal di sebuah rumah sakit. Itu tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tempat tinggalnya adalah target pertama pejuang Houthi saat bentrokan pecah di Sana’a pada hari Rabu.

Seorang keponakan mantan presiden, Tarek adalah tokoh kunci dalam upaya Saleh untuk mengusir pejuang Houthi dari Sana’a dan memulihkan hubungan dengan Arab Saudi.

Saleh sendiri tewas pada hari Senin setelah Houthi mengatakan konvoi-nya menjadi sasaran di suatu tempat di selatan ibukota tersebut dan mantan presiden ditembak mati. Kematiannya terjadi beberapa hari setelah dia mengakhiri persekutuan dengan Houthi dan mengatakan bahwa dia ingin membuka sebuah babak baru dalam hubungan dengan Arab Saudi. Hal itu membuat marah orang-orang Houthi saat Saudi mengebom seluruh Yaman selama lebih dari dua tahun.

Lebih dari 13.000 orang terbunuh dalam kampanye yang menghancurkan yang dimulai pada bulan Maret 2015, yang diduga akan mengembalikan kekuasaan di Yaman kepada seorang presiden yang digulingkan. PBB mengatakan bahwa konflik di Yaman telah menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di dunia karena sebuah blokade yang dipimpin oleh Saudi telah menyebabkan jutaan orang kekurangan gizi dan penyakit endemik.

PBB telah menyatakan kekhawatiran tentang meningkatnya kekerasan baru-baru ini di Sana’a, dan mengatakan ratusan orang telah tewas dan luka-luka, termasuk warga sipil, dalam bentrokan antara pasukan Houthi dan Saleh.(Yd/Arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here