Bhabinkamtibmas Banjarmasin Selatan Pantau Pembagian Rastra

BANJARMASIN, Limadetik.com — Untuk menghindari terjadinya penyelewengan pendistribusian raskin kepada masyarakat yang tidak mampu dan yang berhak menerimanya. Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Selatan Bripka Abdul Aziz mengambil sikap dengan terjun langsung turun tangan memantau pembagian beras Rastra.

Pembagian Beras untuk masyarakat miskin yang dulunya di sebut Rastra adalah merupakan program pemerintah yang diperuntukkan kepada masyarakat golongan kurang mampu, untuk itu selaku Bhabinkamtibmas  sudah semestinya melakukan pengawasan secara melekat terhadap pembagian raskin dilaksanakan di Desa binaanya guna menghindari terjadinya penyalah gunaan wewenang dan salah sasaran.

“Raskin merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada rakyat kategori miskin dengan kriteria tertentu.” Kata Abdul Aziz. Selasa (10/7).

Pembagian rastra bagi yang mendapatkan warga  yang bermukim di Jalan Tembus Mantuil kelurahan Basirih Selatan. Adapun untuk kelurahan Basirih Selatan mendapatkan sebanyak 482 karung dan 10 kg/karung untuk 482 KK .

Fungsi Kepolisian yang dilaksanakan adalah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap distribusi bantuan. Kehadiran Anggota Polri sangat penting, mengingat selama ini ada saja cerita tentang penyelewengan beras raskin yang disalurkan kepada warga yang tidak berhak. Seperti, beras malah dijual kepada tengkulak, dan sebagainya dengan berbagai alasan.

“Beras raskin itu sendiri diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu dan bertujuan agar penyaluran beras raskin ini tepat sasaran serta mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin timbul pada saat pembagian beras raskin kepada warga yang berhak. Sehingga pengawalan dan pemantauan dilakukan oleh pihak Kepolisian secara berkesinambungan dapat terlaksana dengan baik.” ujar Aziz.

pengawasan oleh Bhabintamtibmas tersebut guna menindak lanjuti intruksi dari Kapolresta Banjarmasin Kombes Sumarto mengimbau agar pendistribusian raskin tepat sasaran.

“Jangan sampai Raskin jadi Rasta (beras merata), yang tidak berhak dan orang yang mampu mendapat jatah juga,” tegasnya. (edoz/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here