Buka Pembinaan “Tepra” Ini Yang Disampaikan Wabup Pamekasan

PAMEKASAN, Limadetik.com – Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari membuka kegiatan Pembinaan Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) dan percepatan pelaksanaan APBD 2018, di Aula Odaita, Rabu (4/4/2018).

Kegiatan pembinaan yang diikuti seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta bagian bidang masing-masing di isi oleh pemateri dari kementerian dalam negeri dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) selama dua hari.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Khalil menyampaikan, prosentase serapan anggaran, merupakan isu seksi yang slalu didengar baik di awal maupun di akhir tahun anggaran.

“Hal tersebut dapat terjadi karena serapan anggaran menjadi entri poin yang dilihat dari berbagai sudut pandang dalam tata kelola pemerintahan,” ucapnya.

Lebih lanjut pria sederhana dan murah senyum ini mengungkapkan, dalam sudut pandang politik, serapan anggaran merupakan bukti bekerja tidaknya sistem pemerintahan yang sedang berkuasa.

“Sehingga tinggi rendahnya serapan anggaran dapat dianggap sebagai tolak ukur berhasil tidaknya pemimpin dalam pemerintahan,” lanjutnya.

Menurut Khalil, serapan anggaran di Kabupaten Pamekasan sangat dipengaruhi oleh pengadaan barang dan jasa. Apalagi, kendala yang slama ini terjadi dalam pengadaan barang dan jasa, sering berubahnya regulasi ditambah kebiasaan sebagian aparatur sipil negara yang tidak disiplin dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga program kegiatan umumnya dilaksanakan pada akhir tahun anggaran.

“Setelah kegiatan ini, saya harap para pimpinan OPD lebih berkomitmen lagi untuk segera merealisasikan kegiatan yang sudah direncanakan, meskipun kita akan berhadapan dengan pelaksanaan pilkada langsung ke beberapa bulan yang akan datang,” pinta mantan DPRD Pamekasan ini.

“Kepada narasumber, saya minta untuk dapat memberikan tentang penguatan-penguatan regulasi maupun teknis, agar para pimpinan OPD memiliki dasar untuk bertindak sesuai dengan regulasi yang ada,” sambungnya.

Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini meminta seluruh kepala OPD agar dapat memaksimalkan kegiatan tersebut, sehingga dapat mengurai hambatan-hambatan yang selama ini terjadi.

“Pada prinsipnya, mari kita rencanakan dengan baik, laksanakan sesuai rencana, saya yakin dengan upaya yang maksimal dan berdasarkan regulasi yang ada, maka program pemerintahan akan berjalan dengan baik pula,” katanya, mengakhiri sambutan. (arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here