Bupati OKU Bacakan Pidato Presiden RI Pada Upacara Hari Lahir Pancasila

BATURAJA, Limadetik.com – Pemerintah Ogan Komering Ulu (OKU) gelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati OKU. Senen, (4/6/2018).

Bupati OKU H Kuryana Azis membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia yang mengatakan bahwa selama 73 tahun Pancasila telah bertahan dan tumbuh di tengah ideologi lainnya yang juga tumbuh, karena Pancasila merupakan awal dari terbentuknya Negara oleh pendiri bangsa dari berbagai golongan sebagai pemersatu dari serangkaian perbedaan.

Presiden dalam amanatnya juga mengajak untuk mengibarkan bendera merah putih dengan semangat Pancasila dalam rangkaian Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia tahun ini. Penghargaan sebesar besarnya kepada pendiri negara atas warisan Pancasila sebagai dasar Negara sehingga menjadi dasar penerus bangsa dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Mari bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam membawa Indonesia lebih maju bersatu berbagi dan berprestasi” Bupati menutup amanat dari Presiden.

Menurut Bupati OKU, Peringatan hari lahir Pancasila ini sengaja digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila.

“Pancasila sudah menjadi bagian hidup bagi seluruh warga Negara Indonesia. Siapa pun orangnya, apa pun agamanya, sukunya, kelompoknya, rasnya sekalipun. Karena Pancasila menjadi kesepakatan bersama sejak kemerdekaan ini diselenggarakan,” ujarnya.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial terorisme dan perang saudara, dengan Pancasila dan Undang-Undang 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut serta kita bisa hidup rukun dan bergotong royong. Semangat dan energi kebersamaan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi.

“Mari kita saling bersikap santun saling menghormati saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia” ungkap Bupati Kuryana Aziz.

Diakhir sambutannya Bupati Kuryana Aziz mengucapakan, “Selamat Hari Lahir Pancasila, kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Pancasila, semua anda Indonesia, saya Indonesia, saya Pancasila,” Tegasnya. (fikry/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here