Bupati OKU Resmi Buka Pasar Bedug Centera Kuliner Rmadhan

BATURAJA, Limadetik.com – Bupati OKU Drs H Kuryana Azis membuka secara resmi Pasar Bedug yang merupakan sarana pemasaran produk kuliner selama bulan suci Ramadhan, Kamis (17/5/2018).

Pembukaan Pasar Bedug yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada depan kantor DPRD OKU ini dihadiri Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani SE, Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari, Sekda OKU Dr.DRS H. Achmad Tarmizi beserta Kepala Dinas dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis mengatakan, pasar bedug ini merupakan pasar musiman yang hanya ada pada bulan ramadhan saja, selain itu juga dapat memperluas lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat yang menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

“Ini pasar musiman yang ada hanya pada saat bulan ramadhan, tapi kalau pedagangannya mungkin sudah tiap hari berjualan ditempat lain,” kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Koperasi dan UKM menyiapkan tenda UKM yang bisa ditempati sekitar 200 pedagang kuliner Ramadhan antusias di hari pertama walaupun di sertai hujan.

“Pasar bedug ini untuk mempermudah masyarakat OKU dalam mencari menu berbuka puasa, karena seluruh pedagang dipusatkan di satu tempat, yang tendanya sudah disiapkan pemerintah daerah OKU,” ungkapnya.

Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada para pedagang kuliner berdagang dan meningkatkan usaha dagangan mereka.

Bupati Kuryana Aziz juga menyampaikan, pemerintah akan terus menggelorakan semangat masyarakat terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk menjadi wirausaha baru. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya yang dapat mendorong terbukanya lapangan kerja baru.

“Salah satunya dengan cara memberdayakan UMKM sebagai kekuatan ekonomi lokal yang harus terus menerus mendapat perhatian,” tuturnya.

Dikesempatan itu Bupati kembali mengatakan, melalui Dinas Koperasi dan UKM OKU menyelenggarakan kegiatan pasar bedug untuk memberikan kesempatan berusaha bagi usaha mikro dan kecil yang bergerak dibidang pangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Secara tidak langsung program pasar bedug ini merupakan cara pedagang dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,” tukasnya.

Pantauan dilapangan, pasar bedug ini mulai ramai dikunjungi masyarakat yang berburu takjil dan menu berbuka puasa, tak mau ketinggalan Bupati OKU beserta unsur muspida dan rombongan yang hadir turut meninjau kedalam tenda pedagang dan membeli beberapa macam makanan pedagang untuk berbuka hari pertama. Tentunya hal ini disambut baik para pedagang yang riuh menawarkan dan meminta Bupati dan rombongan agar membeli dagangan mereka. (fikri/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here