Bupati Sumenep Serahkan Bansos Kepada Keluarga Keraton

SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada keluarga Keraton Sumenep, Kamis (25/10/2018).

Dalam acara yang digelar di Pendopo Agung tersebut, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampaikan, bahwa bantuan sosial yang diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah kepada keturunan Penembahan Sumolo. Bagaimanapun, Penembahan Sumolo merupakan Pemimpin Sumenep yang berjasa dalam menjadikan kabupaten paling timur Madura sebagai daerah yang besar seperti saat ini.

“Alhamdulillah bantuan sosial tahun ini ada peningkatan dari Rp 350 ribu per orang menjadi Rp 500 ribu per orang. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 14 tahun 2016,” terangnya.

Dari itu, sambung Busyro, bantuan ini diharapkan memotivasi keturunan Penembahan Sumolo dalam mendukung kemajuan Sumenep. Diketahui, Penembahan Sumolo atau Kiai Asirudin memimpin Sumenep sekitar 49 tahun dari 1762-1811. Pada saat itu dia mampu membawa Sumenep mencapai puncak keemasan. Misalnya membangun Keraton dan Masjid Agung Sumenep.

“Melalui bantuan ini kami juga berharap agar jalinan silaturrahim dan keturunan para raja terdahulu tetap terjaga dengan baik. Karena kami juga membutuhkan syaran dan masukan dalam pengembangan dan majunya Sumenep kedepan,” ungkapnya.

Disamping itu, bupati dua periode juga meminta dukungan dan kekompakan dalam menjaga tradisi keraton. Karena jaman saat ini sudah berbeda dengan jaman dimasa raja terdahulu.

“Tetapi nilia-nilai yang telah diwariskan para pendahulu harus tetap kita pertahankan. Karena itu menjadi simbol dan identitas Sumenep,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here