Cegah Karhutla, Ipda Ketut Aktif Sosialisasikan Bahaya Karhutla

BANJARMASIN, Limadetik.com – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa kota di Kalimantan Selatan mendapat perhatian serius dari Anggota TNI dan Kepolisian Polda Kalsel.

Meskipun titik api tidak sebanyak tahun lalu karena kondisi cuaca masih belum menentu, Namun, pihak Polres Banjar melalui Polsek Kertak Hanyar terus melakukan sosialisasi agar warga juga menjaga lingkungan sekitar rumahnya dari membakar lahan.

Sebagai ujung tombak pelayanan kepolisian pada tingkat kelurahan, Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang diharapkan mampu mendekatkan diri kepada masyarakat.

Ini terkait aktif melakukan sosialisasi, dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan, peran seorang Bhabinkasmtibmas memang sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya yang diakibatkan dari kegiatan pembakaran hutan dan lahan.

Apalagi dalam seminggu ini kebakaran lahan tampak makin marak, karena meskipun hujan turun namun dengan intensitas rendah. Kanit Shabara Polsek Kertak Hanyar Ipda Ketut Sukarta termasuk yang aktif .

Dia aktif dalam upaya memberikan imbauan kepada masyarakat dan pemilik lahan agar tidak melakukan pembakaran lahan. Bukan hanya itu dalam kesehariannya, dia turut mensosialisasikan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah  mengenai larangan membakar hutan dan lahan beserta sanksi pidana bagi pelakunya.

“Sosialisasi ini guna memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan dengan membuka lahan baru. Hal ini tentunya berkaitan dengan bencana asap pada saat musim kemarau,” kata Ketut Sukarta, Jumat (3/8).

Akibat dari bencana asap tersebut, lanjut dia, aktifitas masyarakat menjadi sangat terganggu dan dipastikan  mengakibatkan korban infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Saat ini kami berupaya melakukan sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat sebagai salah satu langkah pencegahan,” Tandas Ipda Ketut. (edo/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here