Dewan Dukung Pembangunan Infrastruktur Kepulauan Sumenep

Wakil Ketua DPRD Sumenep Ahmad Salim

SUMENEP, Limadetik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur punya kepedulian terhadap kondisi infrastruktur di kepulauan. Buktinya, wakil rakyat mendukung eksekutif dalam melakukan pembangunan infrastruktur wilayah kepulauan.

Wakil Ketua DPRD Sumenep Ahmad Salim, mendorong pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep agar memperhatikan serta memprioritaskan pembangunan infrastruktur di wilayah kepulauan.

“Ketika Pemkab memprioritaskan pembangunan kepulaua, ini merupakan sesuatu hal yang wajar. Karena kondisi infrastrukturnya sangat membutuhkan sentuhan dari pemerintah,” terangnya, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, pihaknya mendorong penuh impian eksekutif untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur kepulauan. Sebab, Sumenep ini terdiri dari 126 pulau.

“Kebutuhan yang sangat mendesak memang masalah infrastruktur. Tidak hanya infrastruktur jalan, tapi ada banyak fasilitas lain di kepulauan yang butuh perhatian, seperti kelistrikan, dermaga dan lainnya,” tegasnya.

Salim mengungkapkan, pembangunan kepulauan dari segala lini butuh anggaran besar dan butuh waktu, makanya harus secara bertahap. Dari itu anggaran APBD tidak cukup untuk menyelesaikan pembangunan di kepulauan.

“Jadi pembangunannya harus bertahap setiap tahun. Karena apabila ditarget selesai satu tahun, kayaknya tidak mungkin,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi, jika APBD Sumenep tidak akan mencukupi untuk percepatan pembangunan kepulauan. Untuk itu, pemkab Sumenep memprioritaskan kepulauan.Solusinya adalah anggaran lain yang bisa menutupi kekurangan itu.

“Saat ini Pemkab sedang mengupayakan sumber di luar DAU yang masuk ke Sumenep sebagai dana percepatan infrastruktur di Kepulauan.
Dana dari pusat yang diusahakan supaya turun ke Sumenep sebagai dana per- cepatan kepulauan adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi,” kata Yayak. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here