Di India, Bus Sekolah Terjun ke Jurang dan 27 Orang Tewas

Ilustrasi

HIMACHAL PRADESH, Limadetik.com – Sedikitnya 24 anak-anak usia sekolah dan tiga orang dewasa meninggal dunia dalam kecelakaan bus sekolah di Negara Bagian Himachal Pradesh, India. Bus yang ditumpangi oleh 30 orang itu sempat tergelincir saat melewati jalan di wilayah pegunungan sebelum terjun ke jurang.

Petugas polisi bernama Santosh Patial mengatakan, pihaknya sudah mengangkat 27 jenazah dari lokasi kecelakaan. Sopir bus turut menjadi korban tewas dalam kecelakaan tersebut. Bus nahas itu diketahui mengangkut para siswa dari sebuah sekolah swasta di Nurpur, Himachal Pradesh.

“Kami sudah berhasil mengidentifikasi jenazah para siswa dan orangtua serta wali sudah diberi tahu mengenai musibah kecelakaan ini,” ujar petugas polisi yang ada di lokasi kejadian, Ram Nath Singh, melansir dari Reuters, Selasa (10/4/2018).

Ia menambahkan, tiga orang anak dengan cedera kepala dibawa ke rumah sakit milik pemerintah negara bagian setempat guna mendapatkan perawatan yang memadai. Sebagian besar korban diketahui berusia di bawah 13 tahun.

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, turut mengungkapkan dukacita mendalam bagi para korban dan kerabat yang ditinggalkan akibat musibah tersebut.

“Doa dan rasa solidaritas saya tertuju kepada mereka yang kehilangan orang dekat serta terkasih dalam kecelakaan tersebut,” cuit Narendra Modi lewat akun Twitter.

India dikenal sebagai salah satu negara dengan angka kecelakaan di jalan raya yang cukup tinggi. Menurut data resmi pemerintah pada 2015, sekira 150 ribu orang tewas akibat kecelakaan di jalan raya sepanjang tahun tersebut.

Penyebab kecelakaan di jalan raya di India cukup beragam. Kondisi jalan yang buruk serta tidak terawat, perilaku pengemudi yang ugal-ugalan, dan kelebihan kapasitas angkut kendaraan, menjadi beberapa faktor utama penyebab kecelakaan. (ok/ld)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here