Gelar Upacara Harkitnas, Rutan Baturaja Kukuhkan Laskar Merah Putih Narapidana

BATURAJA, Limadetik.com – Upacara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana di depan kantor  Rutan baturaja yang berlangsung Senin, (21/5/2018) berjalan dengan hikmat dan tertib. Upacara dipimpin langsung oleh karutan baturaja herdianto dan di hadiri oleh kepala cabang rutan martapura serta kepala rupbasan baturaja, serta diikuti oleh seluruh pegawai rutan baturaja.

Kegiatan ini diikuti juga oleh para warga Binaan Pemasyarakatan yang terdiri dari pasukan merah putih narapidana. Upacara ini dilaksanakan dalamrangka memperingati peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan  nasionalisme yang diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dan memupuk rasa nasionalisme.

Selain hal yang diatas, acara ini diharapkan bisa memperlakukan para pelanggar hukum secara manusiawi melalui pemasyarakatan sehingga perkembangannya akan mampu melakukan lompatan besar dengan mengubahnya dari sistem kepenjaraan menjadi sisten pemasyarakatan.

“Dengan di kukuhkan nya pasukan merah putih narapidana yang berjumlah 13 orang di harapkan dapat berperan dimasyarakat dalam hal membangun daerah nya, dan dapat menghilangkan bahwa image narapidana itu jelek dengan turun nya langsung laskar merah putih narapidana dan langsung terjun kemasyarakat akan merubah image itu,” ungkap Karutan.

Dirinya menambahkan, “Karena ketika warga negara melakukan pidana, negara berwenang menjatuhkan punishment,(hukuman) namun ketika mereka mnjadi sadar dan mau bertaubat, maka negarapun berkewajiban memberikan maaf dan reward kepada mereka,” papar Herdianto dengan tegas (fikry/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here