Indonesia Sering Dilanda Bencana, Jumlah Pengungsi Meningkat Mencapai 3 Juta Jiwa

MALANG, Limadetik.com – Bencana yang menerjang sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini membuat jumlah pengungsi di Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang mencapai angka 2,7 juta menjadi angka 3 juta jiwa di tahun 2017.

Hal ini disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menutup acara jambore nasional Relawan Muhammadiyah di Kota Malang, pada Minggu sore 3 Desember 2017.

 “Ada peningkatan jumlah pengungsi menjadi 3 juta jiwa,” tutur Khofifah.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Indonesia. Sehingga terjadi banyak bencana alam. Maka di sanalah peran relawan menolong korban bencana amat dibutuhkan. “Relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center ini diharapkan mampu bersinergi yang baik dengan relawan lainnya,” ujar perempuan yang maju di Pilgub Jatim 2018 ini.

Permasalahan pengungsi seperti kesehatan, pendidikan, dan psikologis harus mampu diatasi dengan bersinergi satu sama lain antar relawan.

“Di sektor pendidikan misalnya, harus kanalisasi di tenda-tenda terdekat untuk kegiatan pendudukan. Di psikososial bagaimana meringankan trauma pengungsi pada anak-anak, lansia, dan perempuan hamil yang diutamakan,” pungkasnya.

Dari beberapa bencana yang terjadi, di antaranya adalah banjir yang menerjang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kian parah. Bahkan, luapan air sungai Grindulu dan beberapa sungai di daerah seribu satu goa itu kian meluas.

Komandan Tim (Dantim) Badan SAR Nasional (Basarnas) Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, saat ini, banjir yang melada Kabupaten Pacitan semakin meluas.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menaksir kerugian materi akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda daerah ini beberapa waktu lalu mencapai Rp50 miliar. (okz/swd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here