Jelang Idhul Adha, DPKP Sumenep: Sakit Matapun Tidak Boleh Disembelih

drh. Zulfa saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban (Nikam Hokiyanto)

SUMENEP, Limadetik.com – Menjelang Hari Raya Idhul Adha 2018, banyak penyedia hewan kurban. Namun, perlu diketahui agar tidak memaksakan diri menyembelih hewan yang mengalami penyakit.

Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Pemkab Sumenep, Jawa Timur, drh. Zulfa meminta, hewan kurban yang terkena penyakit meskipun hanya sakit mata tidak boleh disembelih, karena bisa berbahaya bagi yang mengonsumsi dagingnya.

“Kalau hewan kurban ditemukan terkena penyakit, meski hanya penyakit mata jangan sampai disembelih, harus sembuh dulu,” sarannya, Sabtu  (18/8/2018).

Menurutnya, selama ini terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan yang akan dijadikan kurban. hasil pemeriksaan belum ditemukan hewan kurban yang kena penyakit meski hanya mata. Tapi kalau ditemukan, para penyedia hewan kurban harus mengobatinya dengan cepat agar tidak menular pada yang lain.

“Kami sudah meminta pada penyedia hewan kurban agar hewannya tidak sakit. Karena saat ini musim panas. Kalau ditemukan ada hewan yang sakit, silahkan diobati. Jangan disembelih sebelum sembuh,” terang Zulfa.

Maka dari itu, pihaknya berjanji akan terus memantau kesehatan hewan kurban, baik yang ada di tempat khusus atau pun di pasar hewan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kami, belum ditemukan hewan yang sakit,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here