Jelang Ramadhan, PBNU Luncurkan BBM Berkah Serentak

Red: Rudy

 JAKARTA, Limadetik.com – Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU) meluncurkan kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah di Masjid An-Nahdlah Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (9/5). Kegiatan BBM ini akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada Ahad (13/5) mendatang.

Ketua LTM PBNU, Mansur Syaerozi mengatakan, dengan diluncurkannya program tersebut, pihaknya mendorong para takmir massjid di seluruh Indonesia untuk melakukan revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan jamaah. Hal tersebut sebagai wujud partisipasi aktif memakmuran masyarakat Indonesia.

Menurut dia, jika masjid berpartisipasi nyata, maka secara otomatis Indonesia pasti makmur, karena masjid tersebar dan menyatu dengan masyarakat sampai tingkat paling bawah. Kami mendorong para takmir Masjid di seluruh Indonesia untuk bersama-sama jamaah melakukan bersih-bersih masjid berkah serentak seluruh Indonesia,” ujarnya, Rabu (9/5).

Menurut dia, program ini sangat penting untuk membangkitkan semangat jamaah dalam gerakan bersama menggelorakan Gerakan Infak Sedekah Memakmurkan Masjid dan Masyarakat (GISMAS) sebagai landasan kemandirian dalam program-program pelayanan jamaah.

Acara peluncuran ini dihadiri ratusan takmir masjid se-Jabodetabek dan puluhan penggerak masjid telah menghibahkan 12 vacuum cleaner kepada 12 koordinator BBM Berkah tingkat kabupten/kota yang hadir. Namun, program ini masih butuh dukungan lagi dari berbagai pihak.

“Kami mohon doa dan dukungan kepada seluruh elemen masyarakat supaya ke depan seluruh koordinator BBM Berkah di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dapat memeroleh seperangkat alat bersih-bersih masjid. Toh kurangnya cuma 500 paket lagi,” kata Koordinator Nasional Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah, Ali Sobirin El-Muannatsy .

Sementara, Ketua Penggerak Masjid Jawa Barat, Gus Nasrul yang hadir dalam acara tersebut bersyukur tahun ini banyak masjid yang berpartisipasi. Menurut dia, di Bekasi saja sudah ada sekitar 200 masjid yang siap berpartisipasi dalam aksi BBM Berkah menyambut Ramadhan.

Ini adalah bukti nyata kami mengampanyekan dan terjun langsung bersih-bersih masjid dari segala bentuk kotoran pemecah belah umat.  “Ada 23 koordinator dari 23 kabupaten/kota se-Jawa Barat,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here