Kali Marengan Meluap, Ini Kata Wabup Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Meluapnya Kali Marengan menyebabkan sejumlah rumah warga di Desa Marengan Daya, Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur tergenang air, Senin (26/2/2018).

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat melakukan peninjauan yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Abd Rahman Riadi mengatakan, meluapnya air Kali Marengan itu disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya air laut pasang.

“Termasuk pula kondisi Kali Marengan yang dangkal. Sehingga air hujan tidak bisa tertampung secara keseluruhan,” katanya.

Menurut politisi PDI P tersebut, peristiwa itu baru pertama kalinya di daerah setempat.  Sebab, pada waktu sebelumnya tidak pernah terjadi Kali Marengan meluap.

“Ini faktor tingginya curah hujan. Ditambah lagi sepertinya turunnya hujan bersamaan dengan air laut pasang,” terangnya.

Menurut Fauzi, hal itu masih tidak masuk kategori banjir, tapi masih tahap genangan. Hanya saja pihaknya tetap perlu melakukan penanganan agar tidak terus-menerus seperti ini. Untuk itu, pemerintah daerah akan terus mengupayakan agar ada pengerukan Kali Marengan.

“Selain itu perlu pengalihan saluran air ke Kali Patrean. Sementara ini air yang dari wilayah kota diarahkan ke Kali Marengan Semua,” tukasnya. (Hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here