Kebijakannya Ditolak, Bupati Sumenep: Agar Menghindari Saling Memojokkan OPD

Bupati Sumenep, Jawa Timur, A Busyro Karim

SUMENEP, Limadetik.com – Tiga organisasi profesi wartawan di Sumenep, Jawa Timur menolak kebijakan bupati setempat, A. Busyro Karim tentang akses informasi melalui satu pintu, yaitu melalu Kabag Humas Sakretariat Pemkab.

Tiga organisasi profesi ini adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) dan Asosiasi Media Online (AMOS). Tiga organisasi ini menyesalkan kebijakan bupati, bahwa wartawan hanya bisa mengakses pemberitaan melalui Bagian Humas Pemkab saja.

Menanggapi hal itu, A. Busyro Karim menjelaskan, lahirnya kebijakan satu pintu memberikan konfirmasi kepada media massa untuk menghindari saling memojokkan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Setiap kepala Dinas bicara sendiri-sendiri, dan terkadang memojokkan OPD yang lain. Dari itu kami bilang, kalau atas nama beberapa OPD tidak boleh, langsung Humas saja,” katanya, Selasa (10/4/2018).

Lain lagi apabila OPD ingin membicarakan dan mengangkat materi di OPD yang sudah menjadi tanggugjawabnya sendiri. Itu tidak menjadi larangan.

“Kalau OPD ingin berbicara programnya sendiri silahkan, tetapi kalau mau bicara OPD lain, yang lain malah dihabisi di media lain, itu yang saya larang,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Moh. Rifa’i menilai kebijakan tersebut mempersempit akses informasi.

“Kebijakan satu pintu itu justru terkesan semakin mempersempit akses informasi. Ini kan kebijakan yang mundur,” tegasnya.

Menurutnya, kebijakan ini juga memperlambat terpublikasinya informasi perkembangan pembangunan di Kabupaten yang lagi getol membangun objek wisata. Padahal, masyarakat sangat membutuhkan informasi secara cepat atas perkembangan pembangunan dan program Pemerintah Sumenep.

“Selain itu, kinerja insan pers juga terkendala. Yang biasanya mendapatkan informasi secara mendalam dari dinas teknis terkait, karena hanya dapat konfirmasi dari Humas, informasi tersebut tidak tersaji dengan maksimal,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here