Kerajinan Besek Ikan Mendorong Perekonomian Desa Patemmon Bondowoso

warga desa patemon saat mengerjakan kerajinan besek

BONDOWOSO, Limadetik.com – Kerajinan besek ikan adalah salah satu sumber penghasilan warga Desa patemon Kecamatan pakem Kabupaten Bondowoso. Dimana rata – rata warga Desa patemon membuat besek sebagai pendapatan mereka sehari-hari. Setiap hari warga Desa setempat membuat besek dan menjualnya ke pengepul dengan harga Rp.30.000,- per 100 besek.

Dari harga besek semilai Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) lumayan sebagai salah satu pekerjaan yang bisa mendogjrak perekonomian warga dan bisa untuk membeli kebutuhan mereka sehari-hari. Bahan yang digunakan membuat besek pun sangat mudah didapat karna terbuat dari anyaman bambu.

tumpukan besek ikan yang sudah selesai oleh warga desa patemon

Ukuran besek yang dihasilkan bervariasi, besek yang ukurannya besar akan lebih mahal dibandingkan besek yang berukuran kecil. di Desa patemon banyak juragan besek, sehingga pembelian besek tidak hanya di Desa Patemon saja tapi sampai ke desa-desa lain yang warganya juga pengrajin besek.

Kata salah satu pengrajin besek Suji, harga besek bisa turun jika para nelayan banyak yang tidak melaut atau berlayar di saat hujan, hal inilah yang akan berimbas terhadap penghasilan pengrajin besek.

“Jika ikan mulai berkurang, maka permintaan besek pun akan semakin sedikit, ini akan berdampak pada harga besek, sampai pengrajin harus menunggu permintaan pengepul,” kata Suju saat dimintai keterangan limadetik.com Jumat,(23/3/2018).

Senada dengan Kepala Desa Patemon,yusniati membenarkan jika sebagaian besar warganya adalah pengrajin besek sejak mulai dulu,” Pemdes akan terus berupaya untuk pengembangan besek melalui UMKM,agar pengrajin baik individu maupun pengepul dapat bersaing melalui UMKM,” Paparnya.

Meskipun harga besek mengalami penurunan, warga Desa patemon tetap antusias membuat besek, karena bagi mereka besek adalah pekerjaan mereka sejak dulu menjadi pencaharian setiap hari. (djoko/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here