Kerusakan Pelabuhan di Sumenep Lepas dari Perhatian Pemerintah

SUMENEP, limadetik.com – Kerusakan infrastruktur pelabuhan di Desa Tarebung, Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur lepas dari perhatian pemerintah. Buktinya, dermaga yang mengalami kerusakan parah hingga kini tetap tidak ada tanda-tanda akan segera diperbaiki.

Kerusakan itu terjadi di penyambung dari dermaga ke tempat tambatan kapal. Bahkan kondisinya sudah roboh. Saat ini diganti bambu. Selain itu, besi yang menghubungkan antar dermaga dengan tambatan kapal rapuh dan karatan karena dimakan usia.

Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Moh Ramsi menyayangkan belum adanya perhatian dari pemerintah. Kondisinya mengganggu proses berlabuhnya kapal. Sebab, petugas yang menjemput tali kapal harus berdiri diatas jembatan darurat.

“Walaupun kapal berlabuh tidak ada masalah, tapi bagi petugas yang menerima tambang membahayakan, karena harus melalaui jembatan yang terbuat dari bambu. Ini sudah seharusnya diperbaiki” tegasnya, Jum’at (2/11/2018).

Dia mendesak Pemerintah Daerah segera memperbaiki. Itu sebagai bagian bentuk pelayanan pada masyarakat. “Kami harap Pemerintah secepatnya memperbaiki, sehingga penumpang tidak merasa khawatir saat hendak naik ke kapal,” ujarnya.

Pelabuhan Tarebung digunakan sebagai bagian dari alat transportasi warga. Sebab, pelabuhan itu menghubungkan menghubungkan warga ke beberapa pulau lain di Madura, serta ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo dan ke Singaraja, Bali.

“Sangat disayangkan kalau dibiarkan rusak, karena lama kelamaan bisa hilang dermaga tergerus ombak,” imbuhnya.

Namun, hingga berita ini ditulis Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Sustono belum bisa dimintai keterangan. Saat dikonfirmasi via telepon belum ada respon. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here