Kompak.! Disperta OKU Timur dan Kodim 0403 Meriahkan Panen Raya Bersama Warga Tani

Panen raya saat dimulai bersama Disperta danKodim 0403/OKU dan juga warga tani

BATURAJA, Limadetik.com – Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur bersama Kodim 0403/OKU melaksanakan panen raya tanaman padi di Desa Way Halom Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur, Kamis (18/1/2018).

Panen raya tanaman padi tersebut dengan luas lahan 175 Hektar yang  disaksikan oleh Anggota DPRD OKU Timur Ibrahim dari Partai Demokrat, Camat Buay Madang, Sandi Fahlevi, Seluruh Danramil Wilayah OKU Timur, Kades Way Halom Sidin beserta perangkat Desa serta dari Petugas UPTD Dinas Pertanian Buay Madang.

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo dalam dialognya dengan warga mengharapkan agar pemerintah melalui Dinas Pertanian dapat memberikan bibit padi yang bagus dan tahan dari serangan hama penyakit sehingga hasil panen dapat melimpah serta harga padi dan beras tetap stabil.

Kadis Pertanian Ruzuan efendi dan Kodim 0403?OKU timur Letkol Arm Agugung Widodo Saat dialog bersama warga tani ditengah sawah (foto : Fikry)

Dalam kesempatan itu, Dandim juga menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan yang di lakukan pihak Kodim 0403/OKU dalam program ketahanan pangan melalui babinsa yang langsung ke lapangan bekerja sama dengan pihak Gapoktan dan petugas Dinas Pertanian tentang apa saja keluhan dan kendala para petani sehingga nantinya aspirasi dari petani akan di sampaikan ke pimpinan atas.

Sementara saat dikonfirmasi Wartawan melalui Via Handphone Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Ruzuan Efendi mengatakan, hari ini kita telah melakukan panen bersama dan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pertanian dengan TNI bagaimana mengawal kedaulatan pangan.

“Tadi areal panen kita cukup luas berkisar 300 ton namun panen ini bertahap,” katanya.

Masih kata Ruzuan, hasil panen cukup bagus sekitar 5,42 per petak kalau kita komprensikan dalam 1 hektar produksinya lebih kurang 8,6 ton itu artinya cukup bagus produktifitas kita. Kita berharap kepada petani untuk selalu memelihara tanamannya sehingga tidak terjadi serangan hama yang akan menurunkan hasil produksi.

“Iya, dengan kondisi sekarang ini kita  sudah melakukan panen tidak ada terjadi kekurangan atau kelangkaan bagi petani. Guna suksesnya suatu program harus di dukung dengan sarana dan prasarana,” tutupnya.

Usai melakukan panen bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur beserta rombongan meninjau uji coba tanaman bunga refugia di Desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang.

Uji coba tanaman ini bentuk kerja sama antara Gapoktan dengan Dinas Pertanian yang dipercaya bisa untuk penanggulangan hama wereng tanaman padi sawah. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah adanya gagal panen (fikri/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here