Kuota Haji di Sumenep Tahun Ini Capai 537 Orang

Kemenag Sumenep, A. Rifa'i Hasyim

SUMENEP, Limadetik.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Jawa Timur memastikan tahun ini kuota Calon Jamaah Haji (CJH) lebih tinggi dibandingkan tahun 2016 dan 2017 lalu.

“Kuota CJH tahun ini mencapai 537 jamaah,” kata Kasi Haji dan Umroh, Kemenag Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Rabu (14/2/2018).

Selama tiga tahun terakhir kouta CJH di kabupaten yang memiliki 126 pulau terus bertambah. Buktinya pada 2016 449, 2017 sebanyak 514 dan 2018 mencapai 537 CJH.

Disamping itu, masih ada cadangan CJH sebanyak 44 orang. Cadangan itu diberangkat apabila CJH yang yang sudah ditetapkan berangkat tahun ini berhalangan, seperti meninggal dunia atau minta untuk menunda pemberangkatan dirinya dengan alasan tertentu.

Dari 537 CJH akan dibagi dua kloter sebagaimana tahun sebelumnya. Satu kloter penuh dan satu kloter campuran dengan CJH kabupaten lain.

“Kemungkinan CJH Sumenep campur dan CJH asal Kabupaten Pemekasan,” terangnya.

Rifa’i menyatakan untuk waktu pemberangkatan perdana Jawa Timur 16 Juli 2018. Untuk Sumenep masuk gelombang satu setelah wilayah Kabupaten Jember.

“Maka dari itu kami harap CJH untuk menyiapkan mental dan jaga kesehatan. Supaya ketika waktu pemberangkatan fisik dan kesehatan sama-sama siap,” harapnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here