Marquez tak Terkesan Capaian Lorenzo pada Tes Sepang

Marc Marquez

SEPANG, Limadetik.com – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez terus mengeksplorasi motor barunya untuk MotoGP 2018. Jika dulu dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di monitor dan mengamati semua performanya dan pembalap lain, sekarang Baby Alien lebih sering mengeksekusi di lapangan, meski dengan risiko terjatuh.

Berbicara tentang pembalap lain, salah satu yang sempat dikomentari juara dunia 2017 tersebut adalah rivalnya Jorge Lorenzo. Marquez ternyata tak terkesan dengan penampilan Lorenzo di Sepang dan setahun terakhir bersama Ducati.

“Kami tahu seberapa kuat Jorge dan Ducati di Sepang. Banyak pembalap yang lebih cepat darinya di trek ini. Sejujurnya, hal yang paling penting adalah meletakkan dasar yang tepat, yaitu GP perdana di Qatar, sisanya mengikuti kalender saja. Yang terpenting dari semuanya adalah konsisten dengan kecepatan Anda pada setiap balapan,” kata Marquez, dilansir dari GP One, Rabu (31/1).

Lorenzo dalam tes yang berakhir 30 Januari kemarin memecahkan rekor waktu putaran tercepat, satu menit 58,83 detik. Ini lebih cepat 0,223 detik dibanding Pedrosa pada sesi kualifikasi GP Malaysia 2015. Lorenzo juga lebih kencang 0,037 detik dari Marquez saat sesi uji coba 2015.

Marquez mencoba banyak putaran untuk memahami penampilan dan keausan bannya. Menurutnya, RC213V masih terlalu mendadak dan agresif. Honda masih harus menguji dan melakukan beberapa pekerjaan tambahan untuk mendapatkan kekuatan ‘tenaga kuda’ setinggi mungkin.

“Pilihan mesin yang akan digunakan itu bergantung keputusan akhir saya, (Dani) Pedrosa, dan (Cal) Crutchlow. Kami bertiga mencoba tiga trek berbeda untuk menemukan keputusan yang sama,” kata pembalap 24 tahun ini.

Penggunaan fairing baru Honda tampaknya tak terlalu diminati anak dari Roser Alent dan Juli Mrquez ini. Fairing baru agak estrem, di atas batas regulasi teknis.

Motor Honda masih memerlukan homologasi aerodinamika dan Marquez masih belum menemukan yang pas hingga tes di Sepang baru-baru ini. Meski mesin baru belum 100 persen siap, Marquez optimistis dia dan dua rekannya bisa selesai tepat waktu.

“Saya senang dengan masa-masa uji coba ini. Sekarang kita akan pergi ke Thailand dan melihat bagaimana penampilan kita di sana,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here