SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’at (MTQ). Seleksi MTQ ini sebagai persiapan untuk MTQ Jawa Timur pada 2019 mendatang.

Seleksi MQT ini diikuti dari berbagai kecamatan yang ada di Sumenep. Seperti dari Kecamatan Guluk-guluk, Rubaru dan juga Kecamatan Pragaan.

Pembina ‘Khot’ Sumenep, Subaidi, mengatakan, selain seleksi MTQ, pemerintah juga melakukan seleksi ‘Khot’. “Peserta terdiri dari pondok pesantren yang berasal dari beberapa kecamatan, seperti Annuqayah di Guluk-guluk dan Al-Amin di Kecamatan Pragaan,” katanya.

Untuk seleksi ‘Khot’ terbagai menjadi empat cabang. Yakni golongan Mushaf, golongan naskah, golongan kontemporer dan ‘Khot’ golongan dekorasi.

“Ini merupakan pertama kalinya, peserta seleksi ‘Khot’ didominasi peserta perempuan. Biasanya didominasi peserta laki-laki,” terangnya.

Adapun jumlah peserta ‘Khot’ secara keseluruhan sebanyak 23 peserta. Sedangkan peserta seleksi MTQ yakni, sekitar 20 orang.

“Kami berharap seleksi ini menghasilkan calon peserta MTQ Jawa Timur yang mampu mengharumkan nama Sumenep tercinta,” harapnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here