Menteri Desa: Mudik Bisa Tingkatkan Perekonomian Desa

Ilustrasi

JAKARTA, Limadetik.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo optimistis momen mudik lebaran tahun ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Karena menurut dia, akan banyak uang yang mengalir ke desa.

“Untuk nominal pastinya saya gak hitung. Namun yang pasti Bank Indonesia (BI) aja sudah nyetak Rp 4 miliar lagi nih. Positif semua mengalir ke desa,” kata Eko , Kamis (7/6).

Selain itu, Eko berencana akan menggelar nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2018 di semua desa. Dengan diadakannya nobar tersebut, Eko menjamin, peluang bagi masyarakat desa untuk mengais rezeki lebih tinggi.

“Masyarakat sekitar bisa berjualan dan diharapkan yang nonton akan ajak keluarga, lalu jajan-jajan di sana,” ungkap dia.

Selain itu, Eko mengatakan, dengan adanya dana desa tentu desa sudah sangat siap menyambut kedatangan masyarakat dari kota. Terlebih, saat ini sudah banyak desa-desa yang mengunggulkan pariwisata.

Dia menyampaikan, tahun ini merupakan tahun keempat Kemendes PDTT mengemban amanat Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014. Dia pun mengklaim, selama empat tahun belakangan desa telah banyak mengalami perkembangan yang signifikan.

“Dana desa tahun 2018 yang telah dialokasikan pemerintah pusat adalah Rp 60 triliun yang disalurkan kepada desa melalui pemerintah kabupaten,” jelas Eko. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here