Paripurna Istimewa Hari Jadi Sumenep ke-749 Hanya Dihadiri 18 Anggota Dewan

SUMENEP, limadetik.com – DPRD Sumenep, Jawa Timur, menggelar sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi Sumenep ke-749, Rabu (31/10/2018).

Baca: Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Sumenep Ke – 749 Gunakan Bahasa Madura

Sayangnya, Paripurna Istimewa tersebut hanya dihadiri 18 anggota dari 50 anggota DPRD Sumenep. Bahkan dari empat unsur pimpinan dewan, dua diantaranya absen, yakni H. Herman Dali Kusuma dan Ahmad Salim. Sedangkan unsur pimpinan yang hadir hanyalah Faisal Mukhlis selaku pimpinan sidang dan Mohamad Hanafi.

Minimnya wakil rakyat yang hadir dalam perayaan hari jadi itu mendapat respon dari Ketua Komisi I DPRD setempat, Abd. Hamid Ali Munir. Sebelum sidang ditutup, politisi PKB instruksi.

“Kami sangat prihatin karena pada momen kali ini sangat sedikit wakil rakyat yang hadir. Dari 50 anggota DPRD Sumenep yang hadir hanya sekitar 18 orang yang hadir. Kalau seperti ini diimana rasa kepemilikan anggota dewan kepada Sumenep,” katanya.

Dalam sidang itu dihadiri, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Wakil Bupati, Achmad Fausi dan juga Sekretaris Daerah, Edy Rasiadi beserta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Busyro, sebenarnya dirinya tidak boleh masuk terhadap persoalan eksekutif. Hanya saja diakuinya, selama beberapa tahun terakhir ini memang sering terjadi kehadiran anggota dewan dalam setiap paripurna tidak pernah 100 persen.

“Setiap paripurna, kehadiran anggota dewan selalu pas-pasan. Tapi kami di eksekutif tidak bisa masuk pada ruang kebijakan legislatif. Hanya saja, kalau dimasa dulu setiap bulan memang ada rilis tingkat kehadiran dewan dan diumumkan ke publik. Sehingga masyarakat tahu siapa saja anggota dewan yang jarang ikut sidang,” tegasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here