Paus Terdampar di Perairan Situbondo Jadi Ajang Rekreasi Dadakan Warga

SITUBONDO, Limadetik.com – Anak Paus Bungkuk sepanjang kurang lebih 10 meter terdampat di Perairan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Warga pesisir Jangkar Situbondo bekerja dengan Polair Polres Situbondo dan TNI melakukan penyelamatan dramatis sekitar satu mil dari bibir pantai Jangkar. Jumat, (02/03/2018).

Pantauan Limadetik.com warga pesisir Jangkar mengatakan Paus Bungkuk tersebut ditemukan oleh warga yang akan melaut saat pagi hari. Diduga anak paus bungkuk tersebut terdampar saat mencari makanan dan terjebak oleh air surut.

Hal itu dibenarkan oleh seorang warga setempat Bahruddin, “Warga pesisir Jangkar sejak pagi mencoba melakukan proses evakuasi dengan menggiring ikan tersebut ke perairan yang lebih dalam namun upaya itu tidak berhasil”.

“Tidak berselang lama sehingga dengan bantuan Pak Polisi laut, Tentara dan unsur lain. Ikan paus yang terdampar itu kira-kira panjanganya 10 meter dan kami berharap itu bisa cepat kembali ke lautan lepas, kasian mas”, imbuhnya.

Sementara itu dipinggir pantai ratusan orang juga berbondong – bondong menyaksikan penyelamatan ikan raksasa tersebut termasuk warga luar Jangkar. Dan juga viral di Medsos karena penasarannya dan takjub melihat besarnya ikan paus itu.

“Kami penasaran setelah membaca diberbagai media sosial, karena ada ikan raksasa terdampar dalam kondisi masih hidup,” Kata Samsul warga asal Kapongan, Situbondo.

Bahkan sebagian warga nelayan Jangkar menyewakan perahu mereka untuk ditumpangi bagi warga yang penasaran dan ingin melihat secara dekat ikan paus Bungkuk yang rata – rata memiliki ukuran raksasa dan menjadi ajang rekreasi dadakan. Adapun juga beberapa orang dewasa yang mandi bersama ikan paus tersebut.

”Mumpung tangkapan ikan lagi sepi, saya sewakan saja dengan tarif Rp 5 ribu tiap orang”, ucap pemilik perahu Saini asal Jangkar.

“Jenis ikan ini tidak berbahaya bahkan oleh masyarakat nelayan ikan paus ini cenderung bersahabat bagia manusia dan terlihat beberapa yang mandi bersama ikan  paus itu mas”, tambahya. (Aka/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here