Pemilu 2019, Kursi Dapil V di Sumenep Bertambah

SUMENEP, Limadetik.com РKetua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan, pada Pemilu Legislatif  2019, daerah pemilihan (Dapil) V bertambah satu kursi dibandingkan pemilu 2014 lalu.

Dapil V meliputi Kecamatan Gapura, Dungkek, Batang-batang dan Batu Putih. Pada pemilihan wakil rakyat sebelumnya, jatahnya tujuh kursi.

“Pada pemilihan 2018 nanti menjadi delapan kursi,” katanya pada acara uji publik dan penataan daerah pemilihan, Rabu (7/2/2018).

Sementara jumlah dapil tetap tidak ada perubahan. Sebab, dalam beberapa acara yang digelar KPU dengan pengurus partai lebih mengedepankan prinsip kesinambungan.

Dalam acara itu, KPU melibatkan beberapa pihak, selain tokoh masyarakat juga melibatkan sejumlah pengurus partai politik. Dalam kesempatan ini, pihaknya menegaskan hanya jumlah kursinya yang berubah.

“Seperti halnya Dapil II dengan Dapil V. Karena jumlah penduduk di Dapil V lebih banyak dibandingkan tahun-sebelumnya, maka V bertambah satu dan Dapil II berkurang satu kursi. Tetapi jumlah dapilnya tetap tujuh,” terangnya.

Sifatnya, sambung Waris, hanya pergeseran jumlah kursi. Sedangkan jumlahnya tetap tidak ada perubahan, yakni sebanyak 50 kursi. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here