Pemkab Sumenep Andalkan Cara ini Awasi Kinerja ASN

SUMENEP, Limadetik.com – Majunya teknologi dimanfaatkan betul Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dalam memantau kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah memanfaatkan absensi online atau Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAGA) dan Smart ID Card.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati menjelaskan, melalui absensi online semua kinerja ASN bisa terdeteksi.

“Misalnya, lambat masuk atau pulang lebih awal, karena mereka harus absen saat datang dan pulang,” katanya, Jumat (25/5/2018).

Menurut Titik, setiap ASN yang lambat absen akan dihitung meski hanya lambat satu jam atau kurang. Terlambatnya masuk kerja itu akan diakomulasikan selama satu bulan. Total terlambatnya masuk tersebut akan berpengaruh pada jumlah tunjangan yang akan diterima ASN setiap bulannya.

“Apabila nanti bolos atau terlambatnya sesuai absen ditolal selama satu bulan mencapai 2 atau 3 hari kerja, maka tunjangan ASN tersebut akan dikurangi sesuai bolos atau terlambatnya masuk kerja,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, ASN di lingkungan Pemkab Sumenep tidak bisa mengelak lagi kalau melakukan kelalaian dalam bekerja, utamanya waktu masuk kerja. Sebab, absensi online ini semuanya akan diketahui, siapa yang sering lambat masuk dan lambat berapa lama.

“Melalui absensi online akan terpantau kinerja para abdi negara ini. Hal itu sesuai keinginan bupati, semua ASN harus bekerja maksimal, terutama dalam pelayanan publik,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here