Peresmian Destinasi Wisata Baru “Grand Pathek” Desa Gelung Situbondo

Destinasi wisata kampung nelayan grand pathek desa gelung situbondo

SITUBONDO, Limadetik.com – Menjelang Kunjungan Wisata 2017 Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo ambil bagian dengan meresmikan wisata kampung nelayan “Grand Pathek” bertempat di Balai Desa Gelung. Sabtu, (16/12/2017).

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo, Sofyan Hadi, menuturkan bahwa “Kami mengapresiasi Pemerintah Desa Gelung, yang memiliki inovasi dan menganggarkan pengembangan wisata yakni Kampung Nelayan Grand Pathek”.

Destinasi wisata baru ini merupakan salah satu BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa Gelung. Kawasan wisata kampung nelayan grand pathek, menawarkan wisata bahari rumah apung, serta kolam renang yang berbatasan langsung dengan pantai, ujar Kepala Desa Gelung, H. Jasmoto.

Selain itu, “Para pengunjung bisa menyelam di sekitar pantai menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan hias,” terangnya.

Jasmoto menambahkan, rumah apung juga jadi lokasi edukasi wisata. Pengunjung bisa melihat jenis ikan hiu yang sudah berada di dalam keramba jaring apung.

Lebih jauh lagi, “Wisata kampung nelayan ini akan mendorong masyarakat nelayan kreatif. Pengembangan Desa Wisata kita anggarkan melalui Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) yang dikelola oleh BUMDes Gelung dan penyertaan modalnya sekitar Rp. 150 juta Tahun Anggaran 2017″.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Situbondo, Suraji mengaku “Mengapresiasi peluncuran wisata kampung nelayan tersebut”.

Menurutnya, BUMDes memang harus memanfaatkan potensi di desanya masing-masing. “BUMDes Gelung meluncurkan kampung nelayan sudah sangat tepat”.

Suraji mengaku, “Desa Gelung sangat memungkinkan menjadi destinasi wisata, karena memiliki potensi pendukung, seperti kuliner maupun makanan khas” (Aka/Yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here