Pilbup Pamekasan, Berbaur Ungguli Kholifah

PAMEKASAN, Limadetik.com – Pemilihan bupati Pamekasan pada pilkada serentak 2018, Paslon BERBAUR unggul dari Paslon KHOLIFAH sebanyak 9.6 persen, yakni nomor urut satu memperoleh 54,8 persen, sementara nomor urut dua 45,2 persen. Hasil Quick Count (QC) disampaikan berdasarkan konferensi pers ketua tim pemenangan berbaur dan lembaga survei Poltrack Institute Indonesia.

“Alhamdulillah, pasangan Berbaur dari 13 kecamatan, itu kita kalah hanya 3 Kecamatan,” terang ketua tim pemenangan Berbaur Ali Wafa Subki, didampingi Agus Budiono saat jumpa pers, di hotel Odaita, Rabu (27/06/2018) malam.

Kemenangan BERBAUR dari KHOLIFAH berdasarkan hasil Quick Count dan riil Count sebanyak 32.159 suara.

Ra Ali Wafa Subki mengungkapkan, Pasangan BERBAUR menang di Kecamatan Pamekasan, Kecamatan Tlanakan, Kecamatan Pademawu, Kecamatan Proppo, Kecamatan Galis, Larangan, Kadur, Pakong, Pasean dan Batu Marmar.

“Di Kecamatan Palengaan berbaur kalah 3.679, di Pegantenan 1.614, di Waru kalah 3.748, totalnya 9.041,” katanya.

Sementara, Agus Budiono dari Poltrack Institute Indonesia menjelaskan, sampel yang diambil dari quick count untuk pilkada Pamekasan sebanyak 320 TPS.

“Kita telah selesai melakukan Quick Count Pilkada Pamekasan, sample yang kami ambil adalah 320 TPS dari semua TPS yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan sangat,” kata Agus.

Menurutnya, metode yang digunakan adalah statistik klaster dan sampling dengan margin error kurang lebih 2 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Artinya, data yang dihimpun dalam quick Count ini dapat bergeser sebesar 2 persen keatas maupun ke bawah,” katanya.

“Dari data yang kami himpun Hasil akhir dari 100 persen TPS Quick Count yang kami data, Pasangan BERBAUR 54,8, sedangkan pasangan KHOLIFAH sebanyak 45,2 persen, artinya Paslon yang unggul dalam pilkada Pamekasan adalah nomor satu,” sambung Agus.

“kita tunggu hasil riil count dari data KPU Pamekasan nnti, insyaallah tidak akan meleset jauh dari yang kita lakukan,” tutupnya.

Diketahui, Pilkada di kabupaten Pamekasan digelar di 1.583 TPS yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan.

Pilkada Pamekasan ini diikuti dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan. Masing-masing Badrut Tamam – Raja’e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan pasangan calon KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pemungutan suara yang digelar 27 Juni 2018 adalah Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2.

Mereka memperebutkan warga Pamekasan yang terdaftar sebagai pemilih tetap pada pelaksanaan pesta demokrasi ini sebanyak 680.392 orang, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 328.430 orang dan pemilih perempuan sebanyak 351.962 orang. (arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here