Polresta Banjarmasin Panen Pelaku Curanmor Awal Tahun 2018

BANJARMASIN, Limadetikcom – Usai sudah operasi Jaran Intan 2018. Operasi yang berlangsung sejak 20 hingga 30 Januari 2018 tersembut menorehkan prestasi gemilang. Jum’at (9/2/2018).

Pasalnya, selama 12 hari operasi berlangsung, Polresta Banjarmasin berhasil mengungkap 25 kasus curanmor. Disamping itu, Korp Bhayangkara juga berhasil meringkus 17 tersangka yang tersebar dari beberapa tempat kejadian perkara di Banjarmasin.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Anjar Wicaksana mengatakan, ungkap kasus curanmor tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2017.

“Jika di tahun 2017 lalu kami berhasil mengungkap sebanyak 18 kasus curanmor, maka diawal tahun 2018 ini terdapat 28 kasus. Artinya, kasus curanmor ini mengalami kenaikan hingga 39%, angka ini tentu menjadi pekerjaan rumah buat kami untuk menciptakan kamtibmas, ” ujarnya kepada awak media di Mapolres Banjarmasin.

Berdasarkan data di kepolisian, Dari perkara tersebut terdapat 25 unit kendaraan roda 2 dan 2 unit kendaraan roda 4.

“Modus yang digunakan pelaku curanmor beraneka macam, mulai dari menggunakan kunci liter T, Memamfaatkan kelengahan pemilik kendaraan yang meninggalkan kuncinya di area parkir, penggelapan fidusia hingga pura-pura meminjam sepeda motor korban,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada seluruh personel agar terus menggiatkan pelaksanaan patroli karena hal tersebut sangat berperan dalam upaya meminimalisir gangguan Kamtibmas serta mencegah niat dari para pelaku tindak pidana.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Mereka diancam hukuman kurungan selama 5 tahun penjara.(Ed/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here