Pulau Manok Sumenep Tanpa Tenaga Medis, Dinkes Janji Segera Tempatkan PTT

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni

SUMENEP, Limadetik.com – Persoalan tidak adanya tenaga medis di Pulau Manok, Kecamatan Nonggunong, Sumenep, Jawa Timur mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Kesehatan setempat.

Baca: Pulau Manok Sumenep Tanpa Tenaga Medis

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, dr. Fatoni mengatakan, di Kecamatan Nonggunong sudah tersedia perawat dan bidan yang statusnya suka relawan (sukwan). Bahkan tenaga medisnya merupakan penduduk setempat.

“Sedangkan untuk Pulau Manok memang belum ada tenaga medis. Tetapi kami akan berusaha agar di Pulau Manok ada tenaga medis,” katanya, Sabtu (14/7/2018).

Fatoni menjelaskan, apabila tahun ini ada pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) bidan atau perawat, akan diupayakan dan diprioritaskan di Pulau Manok. Untuk sementara ini, pihaknya meminta supaya warga Pulau Manok berobat ke Nonggunong dulu.

Diketahui, di Pulau Manok tidak ada satupun tenaga medis yang bertugas. Akibatnya, masyarakat yang membutuhkan tenaga medis sangat sulit. Buktinya, untuk mendapatkan layanan medis, warga harus menyeberang ke pulau lainnya, seperti ke pulau Gayam.

Parahnya lagi ketika terjadi cuaca ektrim. Warga yang membutuhkan pertolongan medis, seperti sakit atau mau melahirkan, terpaksa harus menunggu cuaca normal.

“Banyaknya pulau di Sumenep ini membutuhkan perhatian ekstra untuk pelayanan kesehatan. Dari itu tidak bisa serta merta langsung terpenuhi semua.Tapi kami akan bekerja maksimal agar semua warga mendapatkan penanganan medis sesuai yang dibutuhkan,” tukasnya.

Sumenep terdiri dari 134 desa/kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan. Sedangkan dari 27 kecamatan, 9 kecamatan berada di wilayah kepulauan. Jumlah pulaunya mencapai 126. (hoki/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here