Pulau Manok Sumenep Tanpa Tenaga Medis

Ilustrasi

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur perlu untuk meningkatkan perhatian terhadap warga yang berada di wilayah kepulauan. Persoalan yang dialami warga di kepulauan cukup mengenaskan. Seperti yang dialami masyarakat di Pulau Manok, Kecamatan Nonggunong.

Di Pualu Manok tidak ada satupun tenaga medis yang bertugas. Akibatnya masyarakat yang membutuhkan penanganan medis, seperti sakit atau hendak melahirkan, terpaksa harus menyebrang ke pulau terdekat, yakni Gayam.

“Warga berharap pemerintah memperhatikan secara serius dengan memenuhi kebutuhan mereka. Sebab masyarakat disana kesulitan untuk mendapatkan penanganan medis yang maksimal,” terang anggota Komisi IV DPRD Sumenep, H. Mas’ud Ali, Jum’at (13/7/2018).

Padahal di pulau itu penduduknya cukup padat. Sehingga membutuhkan tenaga medis, seperti halnya bidan atau perawat. Sayangnya politisi PPP ini tidak menyebutkan jumlah penduduk di pulau itu.

Parahnya lagi, ketika terjadi cuaca buruk. Masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tidak bisa untuk menyebrang ke Pulau gayam. Tak ada pilihan lain bagi mereka, selain menunggu cuaca kembali normal.

“Maka dari itu, pemerintah daerah harus memperhatikan kebutuhan mereka. Meskipun ada Puskesmas pembantu (Pustu), nyatanya banyak tidak ditempati. Akibatnya keberadaan Pustu nyaris tidak berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here