Ramadan, Banyak Jamaah yang I’tikaf di Masjid Agung Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – I’tikaf adalah salah satu bentuk ibadah dan spiritual yang sering dilaksanakan baik dihari-hari biasa lebih-lebih saat bulan Ramadan.

Begitu juga yang dilakukan jamaah Masjid Jami’ (agung) Sumenep, Jawa Timur. Selama dua hari sejak masuknya Ramadan 1439 hijriyah, jamaah masjid yang ada di jantung Kota Keris ini sebanyak banyak yang beri’tikaf.

“I’tifaf ini kami lakukan selain karena sunnah rasul, juga bisa kumpul-kumpul dengan teman-teman yang sama-sama shalat berjamaah disini,” kata Imam (42) salah satu jamaah Masjid Jami’, Jum’at (18/5/2018).

Menurutnya, i’tikaf ini perlu untuk dilakukan. Lebih-lebih pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, itikaf dilaksanakan sambil menjemput datangnya malam lailatul Qadar. Pada 10 hari terakhir Ramadan ummat muslim berlomba-lomba mendapatkan pahala saat turunnya lailatul qadar.

“Biasanya pada 10 hari ramadan jamaah yang i’tikaf lebih banyak. Mereka sambil berdikir atau membaca al-qur’an,” terangnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here