Saudi Ancam Serang Qatar jika Doha Beli S-400 Rusia

RIYADH, Limadetik.com – Raja Saudi Salman dilaporkan telah mengancam akan mengambil tindakan militer terhadap Qatar jika Doha membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Menurut sebuah laporan oleh harian Prancis Le Monde pada hari Jumat (01/06), Raja Salman telah menulis surat kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyatakan “keprihatinan mendalamnya” atas negosiasi yang sedang berlangsung antara Qatar dan Rusia untuk penjualan sistem senjata anti-pesawat canggih tersebut.

Raja Saudi mencatat bahwa akuisisi S-400 oleh Doha akan membahayakan kepentingan keamanan Riyadh, mendesak Prancis untuk meningkatkan tekanan pada Qatar dalam upaya untuk mencegah negara itu membeli sistem pertahanan udara.

“[Dalam situasi seperti itu], kerajaan akan siap untuk mengambil semua langkah yang diperlukan guna menghilangkan sistem pertahanan ini, termasuk tindakan militer,” kata Raja Salman seperti dikutip dalam surat tersebut.

Laporan itu muncul sehari setelah Duta Besar Saudi untuk Rusia Rayed Krimly mengatakan bahwa negosiasi antara Riyadh dan Moskow tentang pembelian sistem rudal S-400 “berkembang dengan baik,” mencatat bahwa kedua pihak mengerjakan rincian teknis kontrak. Arab Saudi telah menandatangani perjanjian awal untuk membeli sistem S-400 dari Rusia selama kunjungan Raja Salman ke Moskow Oktober lalu. (ARN/SWD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here