Suasana Pembelajaran di Dalam Kelas

Lisa Rahma wati, Mahasiswi Universitas Islam Malang, Fakultas : Ilmu Pendidikan

Penulis  : Lisa Rahmawati

Mahasiswi Universitas Islam Malang.

Fakultas  : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

LIMADETIK.com – Dalam sebuah pembelajar, proses belajar mengajar tidak lepas dari SUASANA pembelajaran, yang siswa dan pendidiknya dapat merasa nyaman atau bahkan tertekan terhadap suasana pembelajaran tersebut.

Contoh dalam kelas yang menampung 30 siswa, sedang melakukan proses belajar mengajar. Terlihat setiap 30 siswa ini memiliki kegiatan masing masing, ada yang terfokus pada penjelasan gurunya, main handphone, berkelompok sesama temannya, bahkan ada yang tidur, dan lain sebagainya. Suasana diatas, dapat terjadi karena ada pemicunya antara guru atau siswanya.

Dari permasalah diataslah, guru harus mampu menciptakan suasan belajar mengajar yang nyaman, yang tidak membuat bosan siswanya dan tidak merasa tertekan akan materi yang diinformasikan kepada siswa.

Nah, bagaimana cara guru untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman? Menurut saya pribadi, guru harus mengerti dan peka terhadap metode pembelajaran yang diinginkan siswanya, karena setiap siswa mempunyai metode masing masing, begitu pula guru harus bisa menyesuaikan suasana dengan kecerdasan dari masing masing siswanya untuk dapat menerima informasi yang diberikan dengan pemahaman yang baik.

Seperti misalnya, membuat suasana belajar dengan belajar berkelompok, memberikan quis, lebih humoris terhadap siswa, dan lain sebagainya yang masih banyak cara lagi.

Selain cara diatas, satu hal yang paling terpenting yaitu tulusnya hati seorang guru menjadi pendidik bagi yang dididik.

Terimakasih, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here