SUMENEP, Limadetik.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Matholi’ul Anwar Indonesia (F-KAMMAI) mengadakan Job Fair di Gedung Islami Center Bindara Saod Sumenep, Jawa Timur. Tujuannya untuk mengurangi tingginya angka pengangguran.

Kegiatan bursa kerja yang diadakan sejak hari Senin hingga Selasa (5-6/3/2018) ini sebagai bentuk kongkrit mengurangi pengangguran, khususnya pengangguran terbuka yang saat ini masih tinggi.

Asisten Staf Khusus Kemenaker RI Nur Faizin mengungkapkan dalam sambutannya, bahwa saat ini Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia merupakan yang terendah sejak bangsa Indonesia memasuki era reformasi.

“Mengacu pada data BPS, TPT di Indonesia dalam dua tahun terakhir terus menurun. Pada 2015 sebesar 7,45 juta orang (sekitar 5,81 persen) menjadi 7,02 juta orang (sekitar 5,5 persen dari total penduduk),” katanya.

Walaupun trennya positif, Faizin mengatakan bahwa pemerintah tidak tinggal diam untuk mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan. Pada tahun ini pemerintah menargetkan penurunan 2 juta atau setara 5,2 persen tingkat pengangguran terbuka.

Sementara, Indeks pembangunan manusia (IPM) diharapkan naik bisa mencapai 71,5. Upaya mencapai target tersebut, pemerintah melakukan banyak terobosan.

Di Kementerian Ketenagakerjaan ada program-program seperti pelatihan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan vokasi, pemagangan, pemberian pelatihan stimulan, dan fasilitasi bursa kerja atau jobfair di mana-mana seperti yang digelar ini. (Hoki/yd) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here