Terkait SPJ DD, Hanya 40% Yang Selesai Dari 132 Desa se-Kabupaten Situbondo

Kepala DPMD Situbondo, (Drs. Suradji)

SITUBONDO, Limadetik.com – Diberitakan sebelumnya Pemkab Situbondo akan copot Kepala Desa (Kades) yang tidak menyelesaikan SPJ Dana Desa (DD) Tahun 2017, pertanggal 10 Januari 2018. Hal ini sontak menjadi pertanyaan publik dan sejumlah pihak apakah komitmen Bupati Situbondo akan dilaksanakan.

Baca juga (SPJ DD tak Selesai Tepat Waktu Kades akan Dicopot Oleh Bupati Situbondo)

Kepala DPMD Kabupaten Situbondo, Drs. Suradji, mengatakan bahwa “Hingga dengan hari ini, Kamis (11/01/2018) dari 132 Desa se-Kabupaten Situbondo yang sudah menyetorkan mencapai 40%”.

“Tapi kita tunggu sampai nanti, kan ini proses mas. Kita sudah layangkan Surat Teguran kepada 131 Desa se-Kabupaten Situbondo”, imbuhnya.

Surat Teguran kepada sejumlah Desa dari 132 se-Kabupaten Situbondo

Hal tersebut menjadi sorotan Aktivis Situbondo Ketum Gp Sakera (Gerakan Perlawanan Situbondo Anti Korupsi, Edukasi, Resistensi dan Advokasi), Syaiful Bahri, “Yang menjadi pertanyaan apakah komitmen Bupati Situbondo benar-benar akan mencopot Kades yang mengindahkan perintah tersebut”.

“Pencopotan kan sesuai dengan aturan yang ditentukan seperti yang dibilang oleh Bupati. Kita tagih saja janjinya mas”, terangnya.

Hal tersebut juga menjadi perhatian Anggota Dewan FPDIP Narwiyoto, “Terkait pencopotan Kades yang akan dilaksanakan oleh Bupati Situbondo, bilamana tidak menyelesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Kan sudah jelas Pemkab berkomitmen demikian”.

“Selanjutnya terserah Bupati, apakah yang menjadi komitmen tersebut dan apakah hanya GERTAK SAMBAL. Kan sudah jelas Bupati mengatakan hal tersebut batas yang ditentukan tertanggal Rabu, 10 Januari 2018. Kita tunggu statment tersebut”, kata Totok panggilan akrabnya sekaligus Ketua DPC PDIP Situbondo.

Sampai berita ini diterbitkan, pantauan Limadetik.com terkait SPJ DD masih di angka 40% dari 132 Desa yang menyelesaikan dan masih menanti perkembangan dari Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo sampai jam dinas selesai hari ini.

(Aka/swd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here