Tidak Miliki Izin, 100 Batang Kayu Diamankan di Perairan Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kangean dan Kepolisian Sektor (Polsek) Kangean mengamankan 100 batang kayu yang diduga ilegal di perairan Kayuaru, Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur, Jum’at (9/2/2018) sekitar pukul 20.00 Wib.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukit menjelaskan kayu rimba dengan ukuran 400 x 12 x 8 Cm itu diketahui pertama kali saat BKPH Kangean melakukan patroli bersama Petugas Kepolisian Sektor Kangayan, di perairan Dusun Kayuaru, Desa/Kecamatan Kangayan, menggunakan speed boot.

“Setelah itu petugas mendengar suara mesin perahu yang melintas di perairan itu. Kemudian petugas dengan berlahan mendekati perahu yang di nahkodai oleh Dusallam, warga Dusun Bondat,” katanya, Sabtu (10/20/2018).

Saat dicek, sambung mantan Kapolsek Lenteng, di dalam perahu diketahui terdapat kayu rimba. Setelah diminta untuk menunjukan dokumen terkait surat izin kepemilikan kayau, pria asal Desa/Kecamatan Kangayan tidak bisa menunjukan kepada petugas.

“Maka dari itu yang bersangkutan langsung diamankan ke Kanyor BKH Kangean. Setelah dilakukan pemeriksaan, akhirnya Dusallam ditetapkan sebagai tersangka,” terangnya.

Akibat perbuatan itu ditaksir BPKH alami kerugian hingga Rp20 juta. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here