Tingkatkan Ekonomi, 8 Rombong Disiapkan Untuk Wisata Gili Iyang

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terus melakukan pembenahan pengelolaan distinasi wisata. Salah satunya adalah wisata Gili Iyang di Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep menyiapkan 8 rombong sovener di wisata Gili Iyang. Rombong sovener itu dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dalam menjual hasil kerajinannya.

“Ada 8 rombong sovener yang siapkan di Giliyang. Dari 8 rombong itu empat rombong akan ditempatkan di Desa Bancamara dan empat lainnya di Desa Banraas,” kata Kepala Disperindag Sumenep, Syaiful Bahri, Rabu (13/12/2017).

Adanya rombong sovener itu, selain bisa dimanfaatkan untuk menjual hasil kerajinan tangan, juga wisatawan yang datang lebih gampang membeli sovener. Sebab, para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata dipastikan mencari sovener sebagai oleh-oleh.

“Selama ini para wisatawan yang datang ke objek wisata masih bingung mencari sovener. Untuk itu kami sediakan rombong agar dimanfaatkan untuk menjual hasil kreatif warga setempat,” terangnya.

Pengelolaan rombong sovener, sambung pria yang akrab disapa Sabar, bisa dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau Asidewi di dua desa tersebut. Yang penting, keberadaan rombong itu benar-benar dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan adanya rombong sovener ini, diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” tukasnya.

Sumenep memiliki banyak distinasi wisata. Selain Gili Iyang, ada wisata Lombang, Gili Labak, Salopeng dan juga wisata Pendopo Keraton. (hoki/rud)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here