Tradisi Patungan, H-1 Lebaran, Kelompok Kamrat Desa di Pamekasan Sembelih Sapi

PAMEKASAN, Limadetik.com – Tradisi tahunan bagi kelompok Kamrat Barokah Dusun Sumber  Perkong Barat Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, setiap menjelang perayaan Idul Fitri. Seperti lebaran tahun ini.

Demikian dilaksanakan kelompok Kamrat dengan menyembelih hewan sapi hasil Patungan untuk
mengantisipasi melonjaknya harga daging di pasar.

Ketua Kamrat Barokah Dusun Perkong Barat, Rafiuddin mengatakan, tradisi Patungan setiap menjelang H – 1 sudah berlangsung lama, hal tersebut guna memenuhi kebutuhan daging sapi bagi warga setempat agar tidak perlu ke pasar.

Menurutnya, sapi yang disembelih kali ini telah disiapkan 1 bulan lalu.

“ini harganya Rp. 14.500.000, kita dari awal sebelum bulan Ramadhan telah menyampaikan bagi yang ingin memesan bisa langsung lewat arisan setiap hari Senin (malam selasa),” terang Rafiuddin, Kamis (14/06/2018) usai pembagian daging.

Sapi yang disembelih kali ini, dibagi menjadi 37 tumpukan, harga pertumpuk Rp. 400.000. Jika di total menjadi Rp. 14.800.000.

Warga yang memesan sangat bervariasi, ada yang Rp. 150.000, Rp. 200.000, Rp.  350.000, bahkan ada yang memesan Rp.500.000.

“Dari satu tumpukan itu nanti dibagi lagi sesuai pesanan masing-masing, jika dibandingkan dengan membeli di pasar masih lebih murah, sebab, 400 ribu itu sekitar 4 kilo lebih, masih dapat bonus tulang, usus dan semacamnya,” tambahnya menjelaskan.

Lebih lanjut pria yang juga takmir masjid An-Najah Sumber Berkong Barat ini mengungkapkan, harga daging di pasar saat ini cukup tinggi, 120-130 ribu per kilogram.

“saya berharap, dengan tradisi patungan ini kita bisa meringankan beban warga setempat dan membantu memenuhi kebutuhan daging bagi mereka untuk perayaan lebaran idul Fitri 1439 hijriyah,” tandasnya. (Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here