Tujuh Hari Dibuka, Pendaftar Bacaleg di KPU Sumenep Nihil

SUMENEP, Limadetik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur sejak Rabu (4/7/2018) membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) 2019. Hanya saja, hingga pagi ini, Rabu (11/7/2018) belum ada satupun partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bacalegnya.

Baca: Pileg 2019, KPU Wajibkan Perwakilan Perempuan 30 Persen

Komisioner KPU Sumenep Ach. Zubaidi mengaku bahwa selama ini pihaknya didatangi beberapa Parpol untuk melakukan konsultasi terkait persyaratan dan tata cara pendaftaran.

“Sampai saat ini semua Parpol belum ada yang mengajukan bakal caleg. Hanya saja kedatangan mereka kesini hanya untuk konsultasi,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya tidak mengetahui penyebab belum adanya Parpol yang mendaftar. Namun, dia menduga saat ini Bacaleg masih melengkapi adminitrasi berkas pencalonan. Superti surat keterangan kesehatan dan lain sebagainya.

Baca: Pengumuman KPU Sumenep Tentang Pengajuan Bakal Calon DPRD Pemilu 2019

Selain itu, persyaratannya lainnya adalah acaleg harus didaftarkan versi online dan offline. Selain manual, data bacaleg harus dimasukkan di “online” melalui sistem informasi pencalonan (Silon).

“Nanti ketika berkas pendaftaran sudah masuk, KPU akan melakukan penelitian. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan akan dikembalikan untuk diperbaiki,” kata Zubed.

Dengan begitu sambung Zubed, bukan karena keterwakilan perempuan yang menyebabkan Parpol belum mendaftarkan bacaleg ke KPU. Sebab, diyakini banyak aktifis perempuan yang siap terjun ke politik.

Sementara masa pencalonan bacaleg akan ditutup pada (17/7/2018). Jika dalam batas waktu terdapat bacaleg tidak memenuhi persyaratan, secara otomatis tidak bisa mengikuti bursa pencalonan pada pesta demokrasi 2019.

“Kami pastikan tidak ada perpanjangan, waktu pendaftaran. Apabola ketika sampai batas waktu Parpol tidak menyetorkan Bacaleg, otomatis tidak bisa ikut untuk pileg 2019 nanti,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here