Unjuk Kebolehan, Warga Binaan Rutan Baturaja Lomba Marawis Dalamrangka HUT Bhayangkara ke-72

BATURAJA, Limadetik.com – Warga binaan rutan baturaja mengikuti lomba kesenian marawis Kapolres OKU Cup, sejumlah 16 orang warga binaan di uji kemampuan nya di bidang seni, salah satu diantaranya bermain marawis Selasa, (29/5/2018).

Kebolehannya itu dipertontonkan di masyarakat dalamrangka bulan suci ramadhan 1439 H. dan memperingati HUT Bhayangkara ke 72 tahun 2018 di Kabupaten OKU.

Karutan baturaja Herdianto mengatakan, kunci keberhasilan pembinaan adalah bagaimana narapidana bisa berbaur kepada masyarakat dan tidak mengulangi lagi perbuatan yang mereka lakukan.

“Semua warga binaan di rutan baturaja ini kita gembleng dan kita bina baik secara rohani ataupun lahirnya, agar bisa berbaur dengan masyarakat dan mereka bisa menyadari akan kesalahan yang pernah mereka berbuat dimasa lalu” ungkap Herdianto.

Sementara itu, salah satu narapida Ahmad menyampaikan, mereka sangat senang bisa tampil di tengah masyarakat dan bisa menampilkan karya-karya nya termasuk marawis.

“Kami ini karena terpaksa melakukan tindak pidana dan tidak satu orangpun sengaja melakukan tindak pidana” tuturnya.

Kembali Herdianto, selama ‚Äémereka menjalani hukuman, warga binaan diberikan pembinaan baik kerohanian maupun ketetampilan, salah satu nya yang ditampilkan kesenian marawis seperti marawis ini, karena ketika warga Negara melakukan tindak pidana, maka Negara berwenang menjatuhkan punishment, (hukuman).

“Ketika mereka melakukan tindak pidana, maka mereka berhak menerima hukuman namun ketika mereka menjadi sadar dan mau bertaubat maka Negarapun berkewajiban memberikan maaf dan reward kepada nya” pungkasnya. (fikry/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here