https://limadetik.com/

Komitmen Terapkan Lesson Study, SMP Muhasa Malang Jalin Kemitraan Lintas Sektor

Limadetik.com - Tak Berkategori
  • Bagikan
IMG 20200708 WA0073

MALANG, limadetik.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru, SMP Muhammadiyah 1 Malang tiada hentinya jalin kemitraan lintas sektor.

SMP Muhasa, di Oro-oro Dowo Kota Malang, menyelenggarakan pelatihan pembelajaran berbasis Lesson Study, tema kegiatan yang diusung adalah “Lesson Study: Upaya membangun Learning Community dan Caring Community”, Selasa (07/07/2020).

limadetik branding

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dosen-dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Dua orang dosen yang terlibat mendampingi adalah Fuad Jaya Miharja, M.Pd, dan Husamah, M.Pd.

Kepala SMP Muhasa, Yanur Setyaningrum, M.Pd menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan ini sebagai motivasi baru untuk guru-guru disekolah agar lebih semangat mengembangkan diri dan menerapkan pembelajaran yang baik.

Lesson Study (tambahnya) adalah program yang tepat untuk mendukung itu karena adanya “komunitas belajar” yang saling menghargai, membantu, dan berbagi pengalaman.

“Kami sudah menugaskan beberapa guru model untuk menjadi contoh bagi yang lainnya, sehingga dapat dipastikan kami siap untuk menunjukkan kepada masyarakat, khususnya orang tua bahwa kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik itu dapat dipertanggungjawabkan”, ujar Yanur Setyaningrum.

Fuad Jaya Miharja, M.Pd, Ketua tim, pemateri, dan ahli lesson study mengharpakan, bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah harus menjadi yang terdepan dalam mengembangkan kreativitas pembelajaran. Lesson Study bila dilakukan secara konsisten dan serius akan mampu meningkatkan profesionalisme guru dan ujungnya adalah peserta didik yang berkualitas pula.

“Kami dari Pendidikan Biologi FKIP UMM akan selalu siap membantu dan bersama-sama dengan guru-guru SMP Muhasa untuk mengembangkan Lesson Study”, pungkas dosen yang menjadi pengembang Lesson Study Malang Raya itu. (Fjr/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan