https://limadetik.com/

Mulai Panen, Harga Tembakau di Sumenep Rp 29 Ribu Per Kg

  • Bagikan
IMG 20200911 WA0030

SUMENEP, limadetik.com – Sebagian petani tembakau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai panen. Salah satunya petani di Kecamatan Lenteng.

“Sejak Minggu ini mulai banyak yang panen. Sebagian yang lain mungkin dalam satu atau dua minggu lagi sudah panen,” kata salah satu petani tembakau setempat, Achmad Sutahar (43) petani, Jumat (11/9/2020).

limadetik branding

Tembakau mereka dijual kepada pedagang yang langsung datang ke petani. Harganya pun beragam, mulai Rp 24 ribu per kg dengan Rp 29 Ribu per kg.

“Harga ada yang Rp 24 ribu, Rp 26 ribu per kg. Tertinggi harga tembakau Rp 29 Ribu per kg,” terangnya.

Pihaknya berharap harga tembakau tinggi. Sebab, apabila harga tembakau rendah tidak sesuai dengan biaya sejak pra tanam sampai dengan biaya panen.

“Kami mengharap harga tembakau tahun ini mahal. Setidaknya Rp 40 ribu sampai dengan Rp 50 ribu per kg,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Arif Firmanto belum bisa dimintai keterangan secara detail. Sebab saat dimintai keterangan, yang bersangkutan lagi mengikuti rapat.

Diketahui, Sumenep sebagai daerah penghasil tembakau. Terdapat beberapa daerah yang menghasilkan tembakau dengan kualitas tinggi. Di antaranya, Kecamatan Pasongsongan, Guluk-guluk, Lenteng, Gapura, dan Kecamatan Bluto.(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan