https://limadetik.com/

Angka Kemiskinan di Sampang Makin Meningkat, Ini Penyebab

  • Bagikan
Angka Kemiskinan di Sampang Makin Meningkat, Ini Penyebab
FOTO : Gambar ilustrasi orang miskin

SAMPANG, limadetik.com – Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sampang, Jawa timur, angka kemiskinan di Sampang hingga akhir tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 0,89 %. Pada akhir tahun 2020 lalu, angka kemiskinan mencapai 22,78%. Namun pada akhir tahun 2021 meningkat dan mencapai angka 23,76%.

Hal ini menjadikan Kabupaten Sampang sebagai daerah yang berada di urutan teratas sebagai kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi di Provinsi Jawa timur.

limadetik branding

Koordinator Fungsi Sosial BPS Sampang, Wahyu Wibowo menjelaskan, kenaikan angka kemiskinan tidak hanya terjadi di Kabupaten Sampang saja, namun juga menimpa daerah yang lainnya yang mengalami kenaikan sebesar 0,31%.

“Kenaikan ini karena pandemi covid-19 karena banyak warga yang tidak bekerja, termasuk adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” jelasnya, Rabu (12/1/2021).

Ditambahkannya, penentuan angka kemiskinan tersebut dilihat dari garis kemiskinan, dengan cara menghitung pengeluaran atau kebutuhan masyarakat.

“Kebutuhan yang ditentukan oleh BPS mencapai Rp. 391.000,- per kapita atau per orang,” ujarnya.

Perlu diketahui, per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara.

Sedangkan pendapatan per kapita sendiri, didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk di negara tersebut.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan