https://limadetik.com/

Raih Juara Dua Capaian Vaksinasi, Ini Dua Tips Puskesmas Kecamatan Dasuk

  • Bagikan
Raih Juara Dua Capaian Vaksinasi, Ini Dua Tips Puskesmas Kecamatan Dasuk
FOTO: Kepala Puskesmas Dasuk, drg. Novia Sri Wahyuni (kanan) saat menerima penghargaan dari Sekda Sumenep, Ir. Edy Rasyadi

SUMENEP, Limadetik.com – Raih juara dua capaian vaksinasi ditingkat Kecamatan, ternyata Puskesmas Dasuk, Kabupaten Sumenep memiliki dua tips untuk percepatan vaksinasi covid-19.

Dua tips Puskesmas Dasuk yakni Gereduk Dusun (Geredu) dan Jemput Bola (Jebol). Dan kedua tips tersebut ternyata sangat bermanfaat meningkatkan ketercapaian vaksinasi di Kecamatan Dasuk.

limadetik branding

Bukan tanpa alasan, terbentuknya dua tips untuk vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Dasuk, berawala dari sebelumnya rendahnya minat masyarakat sekitar untuk melakukan vaksinasi.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Dasuk, drg. Novia Sri Wahyuni, M.Kes mengatakan, berangkat dari rendahnya ketercapaian vaksinasi di wilayah kerjanya sat itu, membuatnya harus mengambil langkah dengan dua tips atau cara merangkul masyarakat.

“Sejak awal November 2021 saya pindah tugas ke Puskesmas Dasuk, saya segera rembukkan dengan empat pilar bagaimana caranya agar percepatan vaksinasi di wilayah kerja kita segera merangkak naik, maka saat itu muncul dua tips ini” katanya, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Door to door, Cara Puskesmas Dasuk Meningkatkan Percepatan Vaksinasi

Adapun dua tips yang dimaksud lanjut drg Novi, yakni Geruduk Dusun (Geredu) dan Jemput Bola (Jebol) kepada masyarakat agar mau melakukan vaksinasi.

“Tips Geruduk Dusun (Gerudu) ini yakni kita turun langsung ke dusun-dusun di tiap Desa yang ada di Kecanmatan Dasuk. Sedang untuk Jemput Bola (Jebol) yakni kita lakukan cara door too door, kita ketuk pintu rumah warga, kita ajak mereka bicara baik-baik sehingga masyarakay mau untuk divaksin” ungkapnya.

Dokter Novi juga memaparkan, bagaimana solidnya empat pilar yang ada di Kecamatan Dasuk, sehingga mampu melakukan percepatan vaksinasi yang sebelumnya hanya berada di angka 50 persen untuk Kecamatan Dasuk.

“Capaian vaksinasi 70 persen lebih di Kecamatan dasuk ini bukan tanpa alasan, ini semua karena solidnya kami bekerjasama dengan empat pilar yang ada, sehingga dengan dua tips tadi, kita mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi” terangnya,

Sejauh ini juga kata drg Novia Sri Wahyuni, pihaknya sudah membuka gerai vaksin di sejumlah desa yang setiap harinya mencapai 25 gerai vaksin di luar pelayanan yang ada di Puskesmas Dasuk.

“Selain dua tips yang kita lakukan, kami juga telah membuka 25 gerai layanan vaksin bagi masyarakat, yang setiap harinya sasaran tidak kurang dari 500 dosis” tukasnya.

Bahkan dari dua tips itu juga tambah drg. Novia, pihaknya melakukan kolaborasi dengan para tokoh, baik tokoh Agama, Tokoh masyarakt dan lainnya.

“Kami bahkan, memakai rumah para tokoh, seperti rumahnya Bapak Kiai, rumah atau musolla nya Guru ngaji untuk mempermudah masyarakat melakukan vaksinasi. Jadi disamping dua tips tadi, cara ini juga (rumah tokoh) yang kita lakukan untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan