https://limadetik.com/

Disparbudpora Sumenep Dukung Penuh Pengembangan Wisata Desa

  • Bagikan
IMG20200219150405 scaled
Kadis parbudpora Sumenep, Bambang Irianto

SUMENEP, limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) terus menggenjot perekonomian masyarakat, salah satunya dengan mendukung penuh destinasi wisata di setiap desa yang ada di Kabupaten paling timur Pulau Madura.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep Bambang Irianto, dimana pihaknya sangat mendukung dengan adanya wisata di beberapa desa yang saat ini mulai digalakan oleh masyarakat setempat.

limadetik branding

“Pada dasranya kami sangat mendukung setiap program atau usaha masyarakat di desa yang membuat tempat wisata, seperti halnya beberapa hari yang lalu di desa kaloang pulau sapudi saya ikut menemani pak Wabup Achmad Fauzi meresmikan wisata mangrove yang dibangun masyarakat” kata Kadis Parbudpora Bambang Irianto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/2/2020).

Menurut Bambang dengan adanya tempat wisata di desa setidaknya akan ikut mempercepat laju perekonomian masyarakat di bawah, dimana ketika tempat wisata dikelola dengan baik akan menambah lapangan kerja untuk masyarakat itu sendiri. Dan tentunya pemanfaatan BUMDes di masing-masing desa untuk tempat wisata itu jauh lebih bagus untuk pengembangannya.

“Jika tempat wisata yang ada di desa desa itu di dalamnya terlibat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk ikut serta mengelola dan mengembangkannya, maka dipastikan akan cepat maju dan lapangan kerja pasti akan lebih terbuka untuk masyarakat itu sendiri” terang mantan Kadisdik Sumenep ini.

Selain itu, Bambang berharap kedepannya di setiap desa terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk agar setiap desa memiliki program wisata yang lebih tertata dan terarah.

“Saya sangat berharap Pokdarwis di setiap desa terbentu, itu sangat baik, apa lagi kalau terjalin kerjasama dengan BUMDes maka harapanya pembuatan tempat wisata di desa akan lebih terarah” harapnya.

Dikatakan Bambang, keberadaan Wisata Mangrove yang ada di desa Kaloang Pulau Sapudi sangat bagus dan indah untuk kunjungi para wisatawan, bahkan sebelum di resmikan pengunjungnya tidak hanya masyarakat lokal saja melainkan dari luar pulau madura seperti bali dan jawa.

“Tempatnya dan pemandangannya indah, karena langsung ke pantai kita bisa menikmati dan melihat secara langsung ke indahan pantai di sekitar wisata mangrove itu, dan ternyata sudah banyak yang berkunjung termasuk warga di luar pulau madura. Di samping itu dekat juga dengan wisata religi dan sangat terkoneksi baik transportasi sangat mudah di dapati di area wisata mangrove tersebut” pungkasnya. (yd/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan